Powered By Blogger

Minggu, 25 Desember 2011

Misa Natal Berlangsung Aman


MAKASSAR, FAJAR--Ribuan umat kristiani di Makassar merayakan natal dalam suasana aman dan khidmat. Sejauh ini, proses pelaksanaan misa natal di gereja-gereja di Makassar berjalan lancar tanpa adanya gangguan keamanan.
Kendati dari segi keamanan cukup kondusif, namun perayaan natal bagi umat Kristiani ini tetap memiliki kendala tertentu. Pasalnya, siang kemarin hujan mengguyur kota Makassar dan sekitarnya. Kendati begitu, hujan tersebut tidak mengganggu aktivitas perayaan natal di gereja.
Kasubag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Mantasiah yang dikonfirmasi membenarkan suasana kondusif sepanjang pelaksaan natal. Dia berharap, suasana kondusif ini tetap terjaga dengan baik hingga pergantian tahun baru 2011 ke 2012.
"Sejauh ini situasi keamanan di kota Makassar mulai kemarin hingga saat ini  masih terkendali. Dengan demikian, umat Kristiani yang merayakan natal dan beribadah di gereja, bisa menjalankan ibadah dengan aman dan lancar," kata Mantasiah.
Di Makassar, sedikitnya 113 gereja menggelar misa natal sebagai momentum bagi kaum Kristiani untuk berbagi kasih kepada sesama manusia. Makanya, warga kurang mampu yang berada di sekitar gereja mendapat perhatian warga Kristiani dengan memberikan kepedulian kepada mereka. 
Mantasiah menyebutkan pada perayaan natal tahun ini, gereja yang mendapat prioritas  kepolisian seperti  Gereja Paroki Asisi-Hertasning, Bethany-Latimojong, Mangngamaseang-Tello Baru, Jemaat Masale-Adyaksa, Kare-Perintis, Balla Tamalanrea-Perintis, BPIP Immanuel-Balaikota, Katedral-Kajaolalido, Bukit Zaitun-Cendrawasih, Santa Josep-Latimojong.
"Dari beberapa gereja yang kita prioritaskan pengamanannya ini juga masih aman dan terkendali. Sejauh ini belum ada gangguan keamanan," kata Mantasiah.
Dalam perayaan natal tahun ini, sejumlah gereja  memang mendapat pengamanan khusus dengan menempatkan petugas penjinak bom di gereja. Bahkan, tim Gegana Brimob Polda Sulsel juga disiagakan untuk mengamankan natal. Petugas kepolisian yang melakukan pengamanan gereja ini dilengkapi  metal detector dan kendaraan lapis baja.
"Pengamanan gereja di wilayah Polsekta Rappocini juga masih berjalan aman. Kita akan tetap melakukan pengamanan selama perayaan natal berlangsung," kata Kanit Reskrim Polsekta Rappocini, AKP Arifuddin saat melakukan pengamanan di Gereja Paroki Asisi-Hertasning. (hamsah umar)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar