Powered By Blogger

Senin, 19 Desember 2011

Operasi Lipu Dimulai 22 Desember


MAKASSAR, FAJAR--Perayaan natal dan tahun baru 2012 tinggal beberapa  hari lari. Dalam rangka pengamanan momen penting tersebut, jajaran Polda Sulsel bakal mengerahkan ribuan personil dalam rangka operasi lipu atau pengamanan natal dan tahun baru.
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Chevy Achmad Sopari menegaskan bahwa operasi lipu ini akan dimulai pada Kamis, 22 Desember nanti. Gelaran operasi lipu ini akan ditandai dengan gelar pasukan operasi lipu yang akan digelar di Lapangan Karebosi Makassar Kamis nanti.
Gelar pasukan operasi lipu ini rencananya akan dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Johny Wainal Usman. Kendati dipastikan jumlah personil yang dilibatkan dalam pengamanan natal dan tahun baru, Chevy menegaskan bahwa jumlah polisi yang dikerahkan mencapai ribuan orang. "Jumlah pastinya akan disampaikan Kapolda saat gelar pasukan di Lapangan Karebosi," kata Chevy.
Kasubag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Mantasiah yang dihubungi terpisah juga menegaskan bahwa pengamanan natal dan tahun baru akan melibatkan seribuan personil di jajaran Polrestabes Makassar. 
Di Makassar kata Mantasiah akan dibentuk 13 posko pengamanan. Posko pengamanan ini akan dijaga petugas baik dari Polrestabes Makassar maupun dari Polsekta setempat, termasuk unsur lain yang dilibatkan dalam operasi lipu 2011 ini.
Beberapa posko yang akan dibentuk itu seperti Posko Imperial di wilayah Polsekta Ujung Pandang, Posko Veteran di wilayah Polsekta Makassar, Posko Lette di wilayah Polsekta Mariso, Posko MARI di wilayah Polsekta Mamajang, Posko Andalas di wilayah Polsekta Bontoala, Posko Bintang Mode di wilayah Polsekta Tallo, Posko Antang di wilayah Manggala, Posko Tamalate di wilayah Polsekta Rappocini, Posko Pabaeng-baeng di wilayah Polsekta Tamalate, Posko Lottemart di  wilayah Polsekta Panakukang, lalu Posko Top Mode dan Posko M'Toz di wilayah Polsekta Tamalanrea.
Untuk posko itu sendiri, setidaknya membutuhkan paling sedikit personil sekitar 342 orang. Belum lagi beberapa tempat keramaian termasuk seratusan gereja yang akan diamankan polisi dalam rangka perayaan natal.
Operasi lilin lipu dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan dua momen penting yakni natal dan tahun baru. Yang pasti, polisi kata Mantasiah akan berupaya semaksimal mungkin agar daerah ini tetap kondusif dan aman. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar