Powered By Blogger

Rabu, 22 Februari 2012

Burhanuddin Ungguli Lima Kecamatan, Nojeng Empat

MAKASSAR, FAJAR--Rivalitas dini kader Golkar Takalar, Natsir Ibrahim dan Burhanuddin Baharuddin pada pemilukada Takalar masih menjadi isu penting di daerah itu. Berbagai survei  yang dilansir selalu menempatkan kedua calon bupati ini berada di posisi teratas.
    Terakhir, survei yang dilansir Latin Institute juga masih memperlihatkan persaingan yang ketat. Survei yang memfokuskan pemetaan politik ini menempatkan anggota DPRD Sulsel, Burhanuddin Baharuddin unggul dari Ketua DPD Golkar Takalar, Natsir Ibrahim.
    Dari peta geografis, Burhanuddin unggul di lima kecamatan masing-masing Galesong Utara, Polobangkeng Utara, Polobangkeng Selatan, Magarabombang, dan Pattalassang. Sedangkan Natsir alias Nojeng unggul di empat kecamatan yakni di Galesong, Galesong Selatan, Mappakasunggu, dan Sanrobone.
    "Kelihatannya memang kedua calon bupati dari Golkar ini memiliki persaingan. Tapi secara umum, Burhanuddin masih unggul karena dia bisa unggul di lima kecamatan, sementara Nojeng hanya pada empat kecamatan," kata Direktur Riset Latin Institute, Suadi Idris.
    Survei ini melibatkan 440 respondens di 61 kelurahan/desa di sembilan kecamatan yang ada. Setidaknya ada sepuluh calon bupati dan wakil bupati yang disurvei pada survei kali ini.
    Untuk popularitas secara umum, Burhanuddin 89,17 persen dan hanya beda tipis dengan Natsir 87,79 persen. Adapun Makmur Sadda  70,28 persen, Syamsari Kitta 62,67 persen, Ahmad Dg Se're 41,94 persen, Abd Majid Makkaraeng 35,25 persen, Amin Yacob 33,64 persen, Andi M Jen Syarif Rifai 19,59 persen, Indira Cunda 18,20 persen, dan Ziurahman Mustari 8,76 persen.
     Begitu juga dengan elektabilitas Burhanuddin menempati posisi teratas sebesar 40,88 persen, Nojeng 33,49 persen, Makmur Sadda 8,78 persen, Syamsari Kitta 5,77 persen, Amin Yacob 2,31 persen. Sisanya dibawa dua persen.
    Koordinator Ti Media Burhanuddin, MS Baso menyatakan meski Burhanuddin dan Nojeng cukup bersaing, pihaknya optimis Golkar akan mengusung Burhanuddin sebagai calon bupati Golkar di Takalar. "Sepanjang mekanismenya berjalan, kami yakin Burhanuddin yang diusung. Tapi bagaimanapun juga, kita masih menunggu keputusan resmi DPP. Sampai saat ini juga mereka belum dipanggil DPP," kata Baso. (hamsah umar) 
                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar