Powered By Blogger

Rabu, 22 Februari 2012

Enam Kader Demokrat Tantang Petahana

*Pengaruh Asmidin Masih Kuat

MAKASSAR, FAJAR--Pertarungan memperebutkan kursi bupati Wajo pada pemilukada mendatang bakal berlangsung seru. Banyaknya figur kuat penantang petahana menjadi salah satu alasan pemilukada akan ketat. Dari Demokrat saja, sudah ada enam figur yang siap bertarung dengan incumbent, Andi Burhanuddin Unru.
    Kader Demokrat yang punya kekuatan dan pengaruh di Wajo seperti anggota DPRD Sulsel, Sanusi Karateng, Korwil Wajo DPD Demokrat Sulsel, Asriadi mayang, Ketua Bappilu Demokrat Wajo, Andi Suryadi Belo, Ketua Majelis Pertimbangan Demokrat Wajo, Andi Asmidin, pengurus Demokrat Sulsel, Surya Agraria, serta Ketua DPD  Demokrat Wajo, Rahman Rahim.
    Dari sejumlah kader Demokrat itu, Asmidin dan Asriadi sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Wajo. Keduanya adalah mantan bupati dan mantan Ketua DPRD Wajo. Asmidin dan Asriadi adalah mantan petinggi Golkar Wajo yang memilih hengkang ke Demokrat pascapemilukada lalu.
    Ketua DPD Demokrat Wajo, Rahman Rahim yang dikonfirmasi mengungkapkan, figur terbaik Demokrat Wajo itu sudah sejak lama melakukan sosialisasi. di Wajo, komposisi kursi perolehan suara pada pemilu lalu tidak memungkinkan partai maju tanpa berkoalisi. Meski banyak  figur di Demokrat yang siap maju di pemilukada Wajo, namun penentuan calon tetap mengacu pada mekanisme survei.
    "Semua kader bisa mencalonkan diri. Siapa yang memiliki peluang besar memenangkan pemilihan itulah yang akan kita dorong. Demokrat juga terbuka bagi kader luar. Kalau survei kita tidak memungkinkan memenangkan pemilihan, mungkin saja kita akan mendorong eksternal," kata Rahman Rahim.
    Dari Golkar sendiri, peluang untuk mengusung Ketua DPD Golkar Wajo, Burhanuddin cukup besar apalagi berstatus sebagai incumbent. Kendati banyak figur Golkar yang memiliki pengaruh seperti Ketua DPRD Wajo, Yunus Panaungi namun peluang Burhanuddin dianggap lebih lebar.
    Selain beberapa kader Demokrat, Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud juga dipastikan tampil sebagai penantang incumbent. Apalagi, DPW PAN Sulsel mengharapkan Ketua DPD PAN Wajo itu maju sebagai calon bupati. Amran sendiri sudah menyatakan kesiapannya maju mencalonkan diri sebagai kader partai. Golkar dan PAN di Wajo dipastikan akan solid mengusung ketuanya maju sebagai calon bupati. (hamsah umar)                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar