Powered By Blogger

Rabu, 08 Februari 2012

Seleksi Calon Panwaslu Terhambat Kantor


MAKASSAR, FAJAR--Agenda seleksi panitia pengawasan pemilu (panwaslu) untuk pilgub Sulsel 2013, yang direncanakan tim seleksi (timsel) calon panwaslu mengalami hambatan. Timsel calon panwaslu saat ini belum memiliki kantor yang akan digunakan untuk menerima pendaftaran maupun seleksi.
Akibat tidak adanya kantor itu, tahapan seleksi yang sudah seharusnya berjalan di timsel seperti proses pendaftaran belum dilakukan. Bahkan, pengumuman mengenai jadwal pendaftaran calon anggota panwaslu juga tertunda. Padahal sejatinya, pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu dilakukan sejak Senin lalu. Sedang untuk tahap pendaftaran awalnya direncanakan Selasa, 7 Februari.
Akhir pekan lalu, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan timsel Panwaslu Sulsel sudah melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu adalah penyediaan sekretariat bagi timsel panwaslu. Pemprov juga sudah berjanji menyediakan anggaran untuk penyediaan sekretariat timsel panwaslu. 
"Hari ini, kita kembali melakukan pertemuan dengan Sekprov. Mudah-mudahan secepatnya sudah ada kejelasan dimana kita bisa berkantor. Karena kalau ini belum ada, kita tidak mungkin mengumumkan pendaftaran. Dimana calon pendaftar membawa berkasnya kalau sekretariat tidak jelas," kata Ketua Timsel Panwaslu Sulsel, Aswanto.
Aswanto menambahkan bahwa, timsel tidak perlu menyewa kantor atau ruangan yang besar. Yang terpenting kata dia adalah adanya tempat yang bisa digunakan panitia untuk menerima pendaftaran dan proses seleksi lainnya. Apalagi menurut dia, seleksi calon anggota panwaslu ini sudah mendesak. Timsel sendiri ditarget Bawaslu menyelesaikan tahapan seleksinya sekitar dua bulan.
Aswanto menyebutkan bahwa, timsel diminta Bawaslu untuk menjaring enam calon anggota panwaslu, yang kemudian diajukan ke Bawaslu untuk menjalani fit and propert test. "Dari enam itu, tiga yang akan ditetapkan Bawaslu sebagai anggota panwaslu setelah melalui proses di Bawaslu," tambah Aswanto.
Untuk seleksi calon anggota Panwaslu ini, Aswanto didampingi dua anggota timsel lain yakni Laode Arumahi dan Rahmia Gustini. (hamsah umar)                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar