Powered By Blogger

Jumat, 03 Februari 2012

Rudiyanto Bisa Perkuat Syahrul


*PDIP Belum Mau Bersikap

MAKASSAR, FAJAR--Kans Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapan mendampingi Syahrul Yasin Limpo di Pilgub Sulsel cukup kuat, jika melihat figur pendamping yang ada selama ini. Basis massa dan pengalaman politik memimpin Sinjai dua periode menjadi nilai plus bagi Ketua DPD Gerindra Sulsel ini.
Pengamat Politik UIN Makassar, Firdaus Muhammad menilai Rudiyanto memiliki popularitas bahkan elektabilitas yang mendukung maju sebagai wakil gubernur mendampingi Syahrul. Mantan pengacara ini dianggap bisa semakin memperkuat posisi incumbent di pilgug.
"Rudi memiliki rekam jejak politik yang teruji dan memiliki basis pemilih, juga sekaligus refresentasi geopolitik. Saya kira kalau Syahrul menjatuhkan pilihan pada Rudi, maka itu akan memperkuat posisi incumbent di pilgub," kata Firdaus.
Kans bagi Rudi--sapaan akrab Rudiyanto Asapa berduet Syahrul, kata Firdaus sangat memungkinkan apalagi Syahrul cukup memberi apresiasi Rudi sebagai pemimpin berprestasi. Cuma dia melihat ada perbedaan pandangan politik yang terjadi di Golkar saat ini, pascaadanya rilis yang menyebut Agus memiliki rating tertinggi dari segi popularitas. "Ada kecenderungan orang Golkar lebih memilih Roem," kata Firdaus.
Meski Rudi bertekad untuk bertarung di pilgub sebagai calon gubernur, namun dia mulai membuka krang bersedia mendampingi Syahrul. Namun sejauh ini belum ada komunikasi serius antara Syahrul dengan Rudi.        
Sementara itu, sikap politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel masih sama dengan partai lain seperti PKS dan PAN. Meski pada pilgub 2007 lalu mendukung Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang, tidak berarti otomatis akan mendukung kembali Syahrul di 2013.
Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Rekrutmen Kader DPD PDIP Sulsel, Dan Pongtasik mengatakan PDIP sampai saat ini belum memiliki sikap resmi soal figur yang dipastikan diusung, kendati kencondongan masih mengarah calon incumbent.
"Kemungkinan kita baru  bersikap resmi setelah rakerda. Sampai saat ini, komunikasi kita dengan kubu Syahrul dan Ilham tetap berjalan. Memang yang paling intens berkomunikasi dengan kita dari kubu Syahrul terutama Agus," kata Pongtasik.
PDIP kata dia, tetap membuka komunikasi dengan dua figur yang dipastikan bertarung di pilgub Sulsel ini. Peluang untuk mengusung Syahrul atau Ilham sangat terbuka, tinggal menunggu seperti apa keinginan pengurus PDIP se-Sulsel. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar