Powered By Blogger

Senin, 20 Februari 2012

DPD II Golkar Tak Soal Pendamping Syahrul

Syahrul Yasin Limpo/ int
MAKASSAR, FAJAR--Sikap politik Golkar Sulsel yang terkesan ragu secepatnya menentukan pendamping Syahrul Yasin Limpo (SYL) di pilgub 2013, tidak banyak memengaruhi DPD II Golkar di kabupaten/kota. Golkar daerah tidak begitu mempersoalkan siapa yang bakal mendampingi Syahrul.
    Apakah mempertahankan paket Sayang  (Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang), atau berpaling ke figur lain seperti Ketua DPRD Sulsel, HM Roem, Sekprov Sulsel, And i Muallim serta Ketua Gerindra Sulsel, Rudiyanto Asapa. Bagi daerah, figur-figur tersebut sama-sama berpeluang untuk mendampingi SYL di pilgub.
    Pengurus Golkar di daerah bahkan memilih menyerahkan sepenuhnya kepada SYL untuk menentukan pendamping yang paling layak. Bagi pengurus Golkar di kabupaten, mereka lebih memilih fokus memikirkan pemenangan pilgub 2013 nanti.
    Ketua DPD Golkar Maros, HA Husain Rasul menyatakan bahwa empat tokoh yang saat ini mengemuka sebagai pendamping SYL bisa diterima oleh Golkar kabupaten. Begitu juga ketika lebih mengerucut kepada figur Agus dan Roem. "Semua punya peluang. Apakah Roem atau tetap Agus bagi kita tidak ada soal. Yang kita pikirkan adalah bagaimana Golkar menang di pilgub," kata Husain.
    Husain juga menegaskan tidak ingin melihat terjadi pengkotak-kotakan dalam penentuan figur pendamping. Makanya, daerah lebih bersikap menunggu sikap SYL ketimbang harus memberikan masukan mengenai sosok yang dianggap layak. "Kami tidak mau ada pengkotak-kotakan," tambahnya.
    Penegasan yang sama disampaikan Ketua Bappilu DPD II Golkar Bulukumba, Hamzah Pangki. Menurut dia, siapa pun yang dipilih Syahrul mendampinginya di pilgub, Golkar Bulukumba tidak mempersoalkannya. "Kita hanya fokus bagaimana memenangkan Syahrul dan pasangannya di pilgub. Bagi kami, tidak penting siapa yang akan dipilih," katanya.
    Sejauh ini, siapa yang bakal mendampingi Syahrul di pilgub memang masih tanda tanya. Kendati survei menempatkan Agus pada rating tertinggi, namun belum ada jaminan DPP Golkar mempertahankan Agus, apalagi ada yang mengaitkan kalau kekalahan Golkar pada pilgub 2007 yang saat itu mengusung Amin Syam tidak lepas dari sikap Agus yang meninggalkan Golkar.
    Sementara, Roem yang saat ini menjabat Ketua DPRD Sulsel disebut-sebut memiliki peluang lebih besar,  kendati rating surveinya di bawa Agus. Namun layalitas terhadap partai berlambang pohon beringin menjadi nilai plus bagi mantan bupati Sinjai dua periode ini. (hamsah umar)
                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar