Powered By Blogger

Minggu, 19 Februari 2012

Empat Kursi Bupati Diincar PAN

MAKASSAR, FAJAR--Kepercayaan politik Partai Amanat Nasional (PAN) menghadapi 13 pemilukada di Sulsel sepanjang 2012-2013 membesar. Saat ini, sudah ada empat kursi bupati yang menjadi incaran dan berpotensi dimenangkan oleh PAN.
    Keempat kursi bupati yang berpeluang direbut PAN itu yakni Enrekang, Wajo, Sinjai, dan Bone. Dari wilayah ini, peluang terbesar ada di Enrekang dan Wajo. Di Enrekang, PAN mengandalkan Ketua DPD PAN Enrekang, Muslimin Bando sebagai figur kuat untuk diusung PAN di pemilukada Enrekang mendatang.
    Kekuatan figur ini sudah cukup teruji. Saat menantang incumbent pada pemilukada lalu, Muslimin memang menempati urutan kedua jumlah perolehan suara di pemilukada di daerah itu. Makanya, dengan pengalaman tersebut, Muslimin diharapkan bisa meraih kemenangan pada pemilukada Enrekang mendatang.
    "Enrekang kita sudah lebih fokus ke Muslimin. Peluangnya memenangkan pemilukada Enrekang besar. Sebagai pensiunan guru, dia tentu memiliki pengabdian yang luar biasa di Enrekang, utamanya dalam memajukan dunia pendidikan," kata Sekretaris PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar.
    Peluang cukup besar juga dimiliki Ketua DPD PAN Wajo, Amran Mahmud. Apalagi saat ini dia berstatus sebagai wakil bupati Wajo. Figur muda yang dimiliki Amran menjadi salah satu jualan politik apalagi sosok pemimpin muda menjadi salah satu harapan masyarakat di daerah penghasil sutera ini. Kepedulian terhadap dunia pendidikan utamanya pendidikan eksternal menjadi nilai tambah bagi Amran.
    Apalagi, sudah banyak generasi muda yang berhasil dan berprestasi yang ditelurkannya melalui lembaga pendidikan yang dibinanya, jauh sebelum menjadi wakil bupati. "Tapi itu masih akan dilihat apakah calon bupati atau calon wakil. Tapi peluangnya tentu ada kalau mau menjadi calon bupati," katanya.
    Adapun di Bone, PAN saat ini mempersiapkan anggota DPR RI, Andi Taufan Tiro sebagai figur calon bupati. Namun peluang Taufan ini tentu saja beda dengan yang ada di Enrekang dan Wajo. Pasalnya, di Bone saat ini ada beberapa figur kuat seperti Fashar, Irsan Idris Galigo, Andi Mangungsidi dan beberapa figur lainnya.
    Sementara di Sinjai, PAN mendorong Muchlis Panaungi sebagai figur calon bupati. Calon PAN ini sudah mulai melakukan sosialisasi, namun hasilnya belum bisa menjamin target PAN merebut kursi bupati di daerah ini akan mulus.  "Makanya, kita lihat perkembangan dan kesiapan figur memenangkan pemilukada," kata Buhari.
    Pada pemilu 2012 dan 2013, setidaknya ada 13 kabupaten/kota yang akan menggelar pemilukada dari 24 daerah yang ada di Sulsel. Daerah tersebut yakni Makassar, Parepare, Palopo, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Bone, Wajo, Sidrap, Enrekang, Pinrang, dan Luwu.  Khusus di Makassar, PAN masih mengandalkan Busrah Abdullah.
    "Sementara beberapa daerah lain seperti Jeneponto, Sidrap, Luwu, Pinrang, dan Bantaeng belum ada yang muncul. Mungkin setelah pilgub ini baru kita bisa melihat kembali daerah mana saja yang bisa kami targetkan kemenangan. Kita cuma minta semua kader daerah bersosialisasi," jelas legislator Sulsel ini. (hamsah umar)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar