Powered By Blogger

Jumat, 18 Mei 2012

Syahrul: Jangan Tebar Kebencian


MAKASSAR, FAJAR--Pernah menyindir penantangnya, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar, gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengajak semua kalangan di Sulsel untuk tidak menebar kebencian.
Sebaliknya, cagub petahana Sulsel ini mengajak untuk membangun kekompakan utamanya dalam membangun Sulsel. Sulsel kata dia hanya bisa maju kalau dibangun dengan semangat kekompakan. Ini ditegaskan Syahrul saat membuka eksebisi hasil kerajinan UKM Celebes Craft 2012, di Trans Studio Mall, Kamis, 17 Mei.
"Kita harus begitu (kompak) karena banyak hal yang kita punya. Kita
jangan hanya menyebar kebencian. Jadikan perbedaan sebagai mozaik
keindahan. Potensi kita tinggal membutuhkan kekompakan," tandas Syahrul.
UKM Celebes Craft sangat penting karena menunjukkan kecintaan
 pada produk Indonesia, dan menunjukkan makna kita berindonesia.
Celebes Craft adalah momen menunjukkan kecintaan terhadap produk sendiri. Dibandingkan Singapura dan Malaysia, Syahrul menyebut negara itu hebat karena mereka kompak mengembangkan apa yang mereka miliki.
Makassar yang berada di tengah Indonesia, dan Indonesia berada di tengah wilayah Pasifik. Di Sulsel, penerbangan berasal dari 14 provinsi. Dan sekarang ada lebih dari 200 penerbangan sehari. "Dengan kondisi strategis seperti itu, kita tinggal mengkreasikan apa yang kita punya," katanya
Seperti kebiasaannya, Syahrul memaparkan keberhasilan ekonomi di Sulsel dilihat dari angka pembelian sepeda motor. Tiga tahun lalu pembelian motor dan mobil masyarakat di Sulsel hanya berkisar 700 ribu, sekarang sudah mencapai dua juta. Macet ada dimana-mana, namun Syahrul berjanji membenahinya.
Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Neddy Rafinaldy Halim mengatakan,  event ini diharapkan mampu mendorong kreatifitas perajin dan UKM. Setiap tahun terjadi penambahan
penduduk 1,7 persen. Dan jumlah itu merupakan potensi pasar.
"Makanya kita harus apresiasi event seperti ini, sehingga masyarakat
kita percaya diri bahwa produk kita tak kalah berkualitasnya dengan
produk luar negeri," tandasnya.
Neddy mengapresiasinya pada Pemprov Sulsel yang sudah
berhasil menyukseskan kegiatan ini untuk yang keenam kalinya. Saat ini sudah ada 1,56 persen wirausahawan di Indonesia. Pada tahun 2008 lalu, wirausahawan hanya mencapai 0,36 persen dari populasi rakyat Indonesia.
Managing Director PT Debindo Mega Promo Husain Muslimin mengatakan,  Celebes Craft yang keenam ini diikuti 50 peserta dengan mengisi lebih dari 60 stan.
Pameran diikuti juga pemerintah dan UKM dari Jawa Timur, Jawa Barat, Bekasi, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Dari pihak korporasi, tercatat Pertamina dan Perusahaan Gas Negara (PGN) turut mengambil bagian dengan menyertakan usaha kecil masyarakat hasil binaannya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar