Powered By Blogger

Senin, 21 Mei 2012

Muttamar-Ince Siapkan Pengacara


MAKASSAR, FAJAR--Dua kader Golkar yang disingkirkan, Andi Muttamar Mattotorang dan Ince Langke menyiapkan pengacara untuk melakukan langkah hukum pemecatan dirinya sebagai kader partai.
Kendati keduanya menyatakan belum menerima SK pemecatan dirinya, Muttamar maupun Ince sudah memikirkan langkah hukum melawan pemecatan dirinya yang disebutnya sebagai keputusan sewenang-wenang, tidak adil dan tebang pilih.
Muttamar menganggap pemecatan dirinya tebang pilih karena banyak kader Golkar yang pernah terpidana, namun sampai saat ini tidak diberhentikan. Sebelumnya, memang beredar informasi dari Golkar bahwa Muttamar dipecat karena mantan narapidana kendati versi lain menyebutkan kader tulen Golkar Bulukumba ini disebut-sebut merapat ke pasangan cagub Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar.
Sementara Ince menilai tebang pilih karena ada juga beberapa kader Golkar yang pernah ikut pemilukada namun sampai saat ini masih aman. Sebut saja pengurus DPP Golkar, Malkan Amin yang maju di pemilukada Barru.
Setidaknya, sudah ada tiga pengacara yang akan mendampingi Muttamar untuk melakukan langkah hukum atas pemecatannya. Mereka adalah Cakra SH, Djalaluddin Djalil SH, dan Yusri Djafar SH. "Sudah pasti kita akan menempuh langkah hukum. Cuma kita belum putuskan apakah perdata atau pidana karena SK belum ada sampai sekarang," tandas Cakra, Minggu, 20 Mei.
Cakra menegaskan pihaknya baru akan mempelajar alasan pemecatan Muttamar setelah SK tersebut diserahkan Golkar. Namun dia memastikan, pemecatan Muttamar sebagai kader Golkar melanggar atau tidak sesuai prosedur baik itu AD/ART Golkar sendiri. Salah satu alasannya karena pemecatan itu tidak melalui proses dari bawah.
"Berdasar PO Golkar 07, kader yang akan diberi sanksi didahului surat teguran. Setelah itu dilakukan pleno sesuai tingkatan dan menghadirkan saya sebagai kader yang diusulkan dipecat. Kalau pleno menyetujui saya dipecat, baru saya diberi kesempatan membela diri satu tingkat di atasnya. Tapi itu semua tidak ada yang dilalui," tandas Muttamar
Ince juga menegaskan akan melakukan gugatan terhadap Ketua DPD Golkar Selayar, Syahrir Wahab. "Setelah saya melakukan reses dan mendapat banyak masukan dari konstituen serta pengacara saya, ada desakan agar saya memidanakan Ketua Golkar Selayar. Saya kira itu akan kita tempuh," tandas Ince.
Ince merasa pemecatan dirinya sebagai kader Golkar tidak lepas dari campur tangan Ketua DPD Golkar Selayar. "Pemecatan ini tidak lepas dari rivalitas saya dengan ketua, yang memang tidak pernah senang kalau saya ada di Golkar," kata Ince.
Sekadar mengingatkan, dari tiga kader Golkar di Sulsel yang diusulkan ke DPP untuk dipecat, baru dua orang yang sejauh ini sudah resmi dipecat kendati SK pemecatan dimaksud belum sampai di tangan kader bersangkutan. Satu kader lainnya yang sejauh ini masih aman yakni Malkan Amin. Pemecatan kader yang satu ini diusulkan ke DPP juga karena terkait pemilukada Barru lalu. (hamsah umar)

Data Kasus Kader Golkar

Wakil Ketua Golkar Bulukumba, A Muttamar Mattotorang
-Tercatat sebagai mantan narapidana kasus Bappedagate Bulukumba dan dipenjara sembilan bulan bersama wakil Sekretaris Golkar Bulukumba, Arkam Bohari
-Tudingan lain merapat ke Ilham-Aziz

Anggota DPRD Sulsel, Ince Langke
-Ikut pemilukada Selayar 2010 berpasangan Syamsu Alam Imbrahim

Anggota DPR RI, Malkan Amin
-Ikut pemilukada Barru 2010 berpasangan Sofyan Lakki

 



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar