Powered By Blogger

Kamis, 24 Mei 2012

Asa Rudi-Nawir di Tangan PKS-Hanura


MAKASSAR, FAJAR--DPP Gerindra boleh saja menetapkan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi sebagai pasangan cagub Sulsel 2013. Namun nasib dan asa pasangan ini sebenarnya ada di tangan PKS dan Hanura.
Asumsi ini berdasar ketika Rudi-sapaan akrab Rudiyanto dan Nawir akan maju di pilgub Sulsel mengandalkan persentase kursi di DPRD Sulsel. Pasalnya, hanya dua partai ini yang paling berpeluang bisa diambil oleh Rudi-Nawir sebagai partai pemilik kursi di DPRD Sulsel. Hanura dan PKS sama-sama memiliki tujuh kursi atau 14 kursi ketika digabung. Jumlah ini memenuhi syarat mengusung calon di pilgub Sulsel.
Partai lain yang belum bersikap adalah PAN. Di DPRD Sulsel, PAN memiliki 7 kursi. Namun peluang Rudi-Nawir melalui partai ini berat mengingat PAN boleh dibilang tinggal persaingan Sayang dan IA. Dua cagub inilah yang paling memiliki peluang mengendarai PAN. Praktis, pemilik suara di DPRD Sulsel yang jadi asa besar Rudi-Nawir tinggal PKS-Hanura.
Gerindra yang menjadi modal utama Rudi-Nawir hanya memiliki 1 kursi, begitu juga RepublikaN yang disebut-sebut akan mendukung Rudi-Nawir hanya memiliki 1 kursi. Kubu Rudi-Nawir sendiri sangat optimis maju di pilgub dengan menggunakan partai pemilik kursi di DPRD Sulsel. "Semua partai yang saat ini belum bersikap kita bangun komunikasi. Termasuk misalnya PAN," tandas Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Nasrullah Mustamin, Rabu, 23 Mei.
Dari koalisi nonparlemen, Rudi-Nawir juga tinggal berharap beberapa partai. Pasalnya, beberapa partai yang tergabung di koalisi nonparlemen sudah menyatakan dukungan ke IA seperti PPD, PSI, PKPB, dan PPIB. Kendati sebagian sudah ke IA, Rudi-Nawir tetap membangun komunikasi dengan partai ini. Bahkan, ada tim khusus yang dikoordinir Bappilu Gerindra untuk berkomunikasi dengan partai nonparlemen.
Yang pasti, Rudi-Nawir sampai saat ini belum berpikir maju melalui jalur independen karena tetap optimis maju melalui dukungan partai. "Tidak ada niat seperti itu. Kita tetap maju dengan dukungan partai," ujar Nasrullah optimis.
Pascarestu Prabowo untuk pasangan Rudi-Nawir, pasangan ini segera melakukan sosialisasi bersama. Bahkan pasangan ini sudah pamitan dengan keluarga besar masing-masing. Bahkan, Rudi juga sudah minta dukungan keluarga istrinya di Toraja untuk maju di pilgub. "Keduanya sudah pamitan dengan keluarga sekaligus minta dukungan," sebutnya. (hamsah umar)        

Harapan Besar Rudi-Nawir di Pilgub Sulsel:

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) : 1 kursi
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) : 7 kursi
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) : 7 kursi
Partai RepublikaN : 1 kursi
Beberapa Partai Nonparlemen : - (persentase suara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar