Powered By Blogger

Rabu, 25 Juli 2012

11 Nonparlemen Harapan Garuda-Na


MAKASSAR, FAJAR--Distribusi dukungan parpol nonparlemen di pilgub Sulsel mendatang dipastikan sulid solid ke satu pasangan calon. Partai yang terdiri dari 22 parpol ini, akan terdistribusi ke tiga pasangan cagub yang memiliki kepastian bertarung.
Tiga pasangan tersebut masing-masing pasangan Semangat Baru, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA),  Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir  Pasinringi (Garuda-Na), serta Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang). Data terakhir menunjukkan bahwa sedikitnya 11 parpol nonparlemen sudah memastikan dukungannya ke pasangan IA dan Sayang.
Sementara 11 parpol sisanya masih menjadi incaran pasangan Garuda-Na. Bahkan, Sebelas parpol ini menjadi harapan terakhir pasangan Garuda-Na untuk bisa bertarung di pilgub Sulsel. Jika tidak mampu merangkul parpol tersebut, Garuda-Na bakal sulit bertarung, apalagi pasangan ini juga tidak memiliki persiapan untuk bertarung melalui jalur independen. Adapun partai yang menjadi incaran Garuda-Na lihat grafis.
Kubu Garuda-Na sendiri sudah mengklaim partai yang diincar tersebut sudah mengeluarkan rekomendasinya di DPP, namun pasangan ini enggan membeberkan partai apa saja yang telah memberikan rekomendasi. Garuda-Na enggan melansir parpol pendukungnya itu dengan alasan partai tersebut yang meminta untuk mengumumkan dukungannya. "Dukungan sebenarnya sudah ada, tapi yang umumkan ada partai itu sendiri," kata Sekretaris DPD
Selain persentase suara nonparlemen yang diburu itu, Garuda-Na juga menggunakan persentase perolehan suara Gerindra. Bahkan RepublikaN yang disebut-sebut sudah masuk rumah rakyat juga masih menjadi salah satu partai bidikan Garuda-Na. Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Nasrullah Mustamin bahkan sempat mengklaim kalau partai yang memiliki satu kursi di DPRD Sulsel ini sudah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan ini.
Kendati belum ada satu pun parpol nonparlemen yang pasti ke Garuda-Na, pasangan ini sesumbar mampu memenuhi syarat dukungan diusung parpol, dan mampu memenuhi syarat minimal persentase suara yang dibutuhkan. "Kalau tidak salah sampai 18 persen," tambah Anwar.
Garuda-Na mengaku tidak ambil pusing dengan upaya komunikasi parpol di DPP, karena semuanya diserahkan ke DPP Gerindra dengan mengandalkan Prabowo Subianto. "Tugas Pak Rudi dan Pak Nawir adalah sosialisasi. Makanya sampai sekarang dia terus bergerak dan bersosialisasi," katanya. (hamsah umar)  
             
Parpol Nonparlemen Sulsel:

Incaran Garuda-Na:
Partai Barisan Nasional
Partai Kedaulatan
Partai Karya Perjuangan
Partai Matahari Bangsa
Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia
Partai Patriot
Partai Kasih Demokrasi Indonesia
Partai Indonesia Sejahtera
Partai Merdeka
Partai Sarikat Indonesia
Partai Buruh


Dukung Ilham-Aziz:
Partai Karya Peduli Bangsa
Partai Persatuan Daerah
Partai Demokrasi Pembaruan
Partai Nasional Indonesia Marhaenisme
Partai Pemuda Indonesia
Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia
Partai Perjuangan Indonesia Baru
Partai Peduli Rakyat Nasional
Partai Nahdlatul Ummah Indonesia
Partai Pelopor

Dukung Sayang:
Partai Kebangkitan Nasional Ulama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar