Powered By Blogger

Minggu, 22 Juli 2012

Dewan Salahkan Pemprov


*Soal Dana Pengamanan Pilgub

MAKASSAR, FAJAR--Jajaran Polda Sulsel tampaknya masih harus bersabar menunggu persetujuan alokasi anggaran pengamanan pilgub Sulsel 2013. Sampai saat ini, usul biaya pengamanan pilgub ini belum sampai di meja DPRD Sulsel, sehingga belum bisa dibahas untuk mendapatkan persetujuan.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Andi Sugiarti Mangum Karim cukup memahami sikap Polda yang mulai menangih usul biaya pengamanan pilgub kepemerintah. Namun, Komisi A sebagai mitra kepolisian ini belum bisa mengagendakan pembahasan di dewan karena sampai saat ini pemprov belum ajukan usul Polda itu kepada legislatif.
Sugiarti lebih lanjut menyatakan dewan khususnya Komisi A DPRD Sulsel siap setiap saat melakukan pembahasan terkait alokasi anggaran pengamanan pilgub yang dibutuhkan Polda. "Tapi apa yang mau dibahas kalau pengajuannya dari pemprov sampai saat ini belum ada yang kita terima. Jadi itu yang jadi persoalan. Kalau kita di dewan begitu masuk hari ini, bisa saja hari itu juga sudah kita jadwalkan pembahasannya," urai Sugiarti, Kamis, 19 Juli.
Kalau selama ini dewan mengetahui ada usulan biaya pengamanan pilgub yang diusulkan polda sebesar Rp49 miliar, Sugiarti menyebut usul tersebut masih sebatas informasi yang berkembang melalui media. "Saya kira bergantung pemprov bagaimana mengalokasikan penganggarannya. Saya tidak tahu apakah nanti masuk di APBD perubahan atau seperti apa. Pastinya, apa yang kita mau bahas kalau belum ada yang diajukan ke kita," tambah Sugiarti.
Sebelumnya, polda melalui Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Chevy Achmad Sopari mulai menangih alokasi anggaran pengamanan pilgub. Pasalnya, sejumlah aparat kepolisian saat ini mulai diturunkan Polda Sulsel untuk mengawal kegiatan yang dilakukan penyelenggara pemilu. Hemat polda, idealnya alokasi anggaran untuk pengamanan pilgub itu sudah harus tersedia ketika tahapan pilgub sudah berjalan.
Anggota Komisi A DRPD Sulsel, Muchlis Panaungi mengaku dewan dalam hal ini Komisi A sebenarnya sudah ada kesepakatan untuk mempercepat proses pembahasan anggaran pengamanan pilgub yang diajukan Polda Sulsel. Namun dia mengakui belum ada jadwal pasti yang ditetapkan untuk duduk bersama membahas biaya pengamanan ini.
"Sebelum kita membahas anggaran pilgub yang diajukan itu, kita di Komisi A tentu akan melakukan rapat interen terlebih dahulu, baru melakukan rapat teknis dengan pihak kepolisian maupun yang terkait lainnya. Tapi memang belum ada jadwal yang kita tetapkan. Namun saya kira kita sependapat bahwa tidak seharusnya kita menghambat proses penganggaran yang sudah jelas peruntukannya," imbau Muchlis. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar