Powered By Blogger

Senin, 30 Juli 2012

ACC-Taufan Incar Promal


MAKASSAR, FAJAR--Dua calon bupati Bone, Andi Irsan Idris dan Andi Taufan Tiro bakal bersaing mendapatkan Andi Promal Pawi sebagai pendampingnya. Promal masuk salah satu tokoh yang diincar ACC, begitu juga Promal masuk incaran DPD PAN Bone.
Kendati Promal tidak diincar langsung oleh Taufan, namun Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Bone merekomendasikan agar Taufan memprioritaskan Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Bone ini sebagai wakilnya di pemilukada Bone mendatang. Alasannya, Promal sudah dikenal sepak terjangnya oleh sebagian masyarakat Bone, apalagi sempat menjadi camat di beberapa kecamatan.
Promal diketahui pernah menjadi camat di Tanete Riattang, Lapri, Ulaweng sehingga dianggap punya investasi sosial untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Belum lagi, Promal dikenal sebagai birokrat yang berkinerja baik di tengah masyarakat. "Jadi kalau dari MPP PAN Bone, kita inginkan Taufan menggandeng Promal Pawi. Tapi tentu itu kembali lagi kepada Pak Taufan sendiri karena dia sendiri yang akan menentukan siapa wakilnya," saran Ketua MPP PAN Bone, Muhammad Naim, Minggu, 29 Juli.
Naim yang juga menjadi salah satu daftar cawabup di PAN Bone mengaku, Taufan perlu mencari figur dari luar partai untuk memperkuat pencalonannya di pemilukada Bone. Naim juga menyarankan agar Taufan tidak terlalu lama bersikap dalam menentukan pendampingnya, agar sosialisasi pasangan ini bisa lebih cepat dilakukan. Apalagi, Taufan tidak terlalu diunggulkan dibanding Fahsar dan Irsan.
Bagaimana dengan akademisi UMI, Zakir Sabara? Naim menyatakan bahwa semua bergantung cabup PAN. Yang pasti menurut dia, Taufan membutuhkan figur yang sudah dikenal di masyarakat Bone untuk mendukung peningkatan tingkat dukungan masyarakat terhadap pasangan ini nantinya. "Siapa pun yang dipilih, kita tentu akan mendukung. Harapan kita bagaimana cawabup ini secepatnya ditetapkan supaya ada ruang gerak lebih di masyarakat," kata Naim.
Untuk mendapatkan Promal, PAN maupun Taufan tidak bisa semudah ketika membidik figur yang lain. Pasalnya, Promal juga menjadi salah satu tokoh yang dibidik putra bupati Bone Idris Galigo, Irsan untuk menjadi pendampingnya. Peluang ACC mendapatkan Promal juga lebih terbuka apalagi ketika mempertimbangkan pengaruh Idris yang saat ini masih atasan Promal. "Tapi bukan berarti itu tidak bisa," imbuh Naim.
Sebelumnya, jubir ACC Ali Sadikin menandaskan bahwa ACC memprioritaskan membidik birokrat sebagai pendampingnya. Kendati ACC sejauh ini belum mau terang-terangan melansir tokoh yang diincar untuk menjadi wakilnya. Namun rumor yang beredar di Bone menempatkan Promal adalah salah satu tokoh kuat yang diincar. (hamsah umar)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar