Powered By Blogger

Jumat, 20 Juli 2012

Amping: Rakyat Butuh Pemimpin Sederhana


MAKASSAR, FAJAR--Dukungan mantan Bupati Tana Toraja, Amping Situru terhadap pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) di pilgub Sulsel terus diperkuat, dengan menyosialisasikan IA di tengah masyarakat Tana Toraja.
Mantan bupati dua periode ini punya alasan tersendiri sehingga mendukung IA di pilgub Sulsel. Salah satunya, pasangan ini dinilai sosok pemimpin bersahaja, sederaha, religius, dan dekat dengan masyarakat bawah.
"Sekarang masyarakat semakin merindukan sosok pemimpin yang bersahaja, sederhana dan memperlihatkan kedekatan dengan masyarakat yang tidak dibuat-buat. Banyak warga Toraja yang bermukim di Makassar kembali ke kampung membawa cerita tentang gaya kepemimpinan Pak Ilham yang banyak membawa kesejukan dalam hal keberagaman beragama. Mereka mengaku sangat tenang beribadah di Makassar," cerita Amping.
Ini diungkap Amping saat dialog keberagaman beragama dengan tokoh masyarakat Tanah Toraja, di Makale Kamis, 19 Juli.  Dialog yang berlangsung penuh keakraban ini di selingi sambil menyeruput kopi khas Toraja yang disajikan oleh keluarga besar Amping.
"Saya berani memperjuangkan pak Ilham di Tana Toraja karena saya kenal sepak terjangnya yang banyak membantu warga Toraja di Makassar. Liatmi nanti, kita tidak akan malu di sini, saya terus intens cek situasi di tengah masyarakat Toraja, situasinya bagus untuk pak Ilham-Aziz," lanjut Amping.
Dalam diskusi ini, Ilham juga sempat menceritakan tentang perjalanan politiknya yang banyak dipengaruhi oleh firasat keilahian yang kerap hadir dalam langkah politiknya. "Banyak kesuksesan politik yang saya alami terasa sangat kental nuansa spiritualnya. Mudah - mudahan yang kita perjuangkan ini tidak terlepas dari campur tangan Allah," lanjut Ilham sambil menyeruput kopi khas toraja.
Di Toraja, Ilham juga melakukan ziarah ke makam Puang Sondong alias Puang Rondo-Rondo. Ilham merupakan keturunan langsung dari Puang Sondong alias Puang Rondo-Rondo dari Ibunda Ilham Siti Djohra. Puang Sondong adalah Bangsawan Toraja yang cukup berpengaruh dalam merekatkan umat beragama di Toraja. Puang Sondang adalah satu dari Puang Pitu (tujuh pangeran) Toraja. Dari tujuh puang ini hanya Puang Rondo-Rondo yang Muslim. "Ziarah kubur ke makam orang tua kami Ini adalah tradisi keluarga sejak dulu, termasuk di Tana Toraja ini" ujar Ilham.
Ilham didampingi adiknya, Hendra Sirajuddin dan putra sulungnya, Amirul Yamin Ramadhansyah, serta penasehat spiritualnya ustadz Rahman Qayyum.  "Mendoakan leluhur kita yang telah meninggal memiliki praktek yang besar, utamanya untuk orang yang telah meninggal, Insya Allah akan mendapat pegurangan dosa jika terus didoakan oleh orang yang masih hidup. Ziarah kubur akan selalu mengingatkan kita akan kematian, sehingga orientasi hidup lebih seimbang antara dunia dan akhirat," ujar Rahman.
Selain Amping, sejumlah tokoh yang pernah bertarung di Toraja juga mendukung IA seperti Viktor D. Batara, Adelheid Sosang dan sejumlah tokoh Toraja lainnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar