Powered By Blogger

Minggu, 15 Juli 2012

Porpol Kompak Desak Bawaslu


*Soal Pembentukan Bawaslu Sulsel

MAKASSAR, FAJAR--Penolakan atas tawaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melimpahkan wewenang ke Panwaslu Sulsel bermunculan. Suara mereka satu yakni segera dibentuk Bawaslu Sulsel.
Elit partai politik (parpol) di Sulsel yang merupakan bagian dari peserta pemilu mendatang termasuk yang mendesak segera dibentuk Bawaslu Sulsel. Partai politik minta agar Bawaslu tetap mengacu dan berpatokan pada aturan yang ada.
"Pembentukan Bawaslu itu kan ada aturan mainnya yang jelas. Menurut saya, kita ikuti saja aturan itu dan tidak perlu menempuh sikap lain. Jadi saya tidak setuju kalau Bawaslu yang semestinya sudah terlibat mengawasi tahapan pileg ditunda-tunda," tegas Ketua DPW PKS Sulsel, Akmal Pasluddin, Jumat, 13 Juli.
Akmal menyatakan ada banyak hal yang mesti diawasi oleh Bawaslu di Sulsel sehingga sangat tepat kalau seleksi calon Bawaslu Sulsel dilakukan saat ini. Keinginan untuk mewujudkan pemilu yang adil, jujur, dan beretika menjadi harapan semua partai politik yang ada di Sulsel. Meski pada 2012 ini masih merupakan tahapan awal pemilu, tetap banyak hal yang harus diawasi dan potensi kecurangan.
Akmal pesimis pengawasan pileg berjalan baik kalau dibebankan kepada panwaslu Sulsel. "Pengawasan pilgub Sulsel oleh Panwaslu saja tidak bisa memberikan jaminan mereka akan maksimal, apalagi kalau dibebani lagi untuk mengawasi pileg," imbuh Akmal.
Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Yagkin Padjalangi juga menegaskan hal sama. Yagkin bahkan sudah pernah memberikan masukan kepada Bawaslu untuk segera membentuk Bawaslu Sulsel. "Tapi kita hanya memberi masukan. Apakah dibentuk atau tidak itu urusan Bawaslu," kata Yagkin.
Makanya, dia menyarankan pembentukan Bawaslu Sulsel tetap mengacu aturan. Hemat Yagkin, tidak ada aturan yang memberi ruang menunda pembentukan Bawaslu suatu daerah. "Setahu saya tidak ada aturannya untuk ditunda-tunda," ujar Yagkin.
Sikap sama disampaikan Wakil Ketua DPW PBB Sulsel, Zulkifli. Dia dengan tegas menolak keinginan Bawaslu menunda seleksi Bawaslu Sulsel hingga 2013 mendatang. "Untuk menjamin proses pilgub dan pileg berjalan sesuai harapan, pengawasan sangat kita harapkan. Makanya, Bawaslu harus segera dibentuk di Sulsel sehingga semua tahapan bisa diawasi," imbuh Zulkifli. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar