Powered By Blogger

Senin, 23 Juli 2012

KPU Harap Partisipasi Calon Perseorangan


MAKASSAR, FAJAR--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memiliki harapan besar kepada kandidat cagub Sulsel yang melirik jalur perseorangan, untuk pro aktif membangun komunikasi dengan KPU. Begitu juga ada partisipasi calon perseorangan saat sosialisasi independen di KPU Sulsel, Senin, 23 Juli.
Partisipasi calon perseorangan dalam sosialisasi ini diharapkan KPU, sehingga tokoh yang akan maju melalui jalur independen memahami betul apa saja yang menjadi syarat yang harus dipenuhi. Karena untuk maju melalui jalur independen, tidak sekadar butuh mengumpulkan dukungan KTP hingga 393.066 semata, tapi juga perlu diperhatikan sebarang dukungan KTP baik per kabupaten, per kecamatan hingga per desa.
Sejauh ini, setidaknya ada beberapa tokoh yang melirik jalur independen seperti Rusli Ibrahim dan Ismail Rahmat. Keduanya telah melakukan komunikasi dengan KPU mengenai syarat yang dibutuhkan. Begitu juga pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na). Bedanya, pasangan yang sudah mendeklarasikan diri sebagai pasangan cagub Sulsel beberapa waktu lalu ini belum sekalipun berkomunikasi dengan KPU, dengan alasan masih berharap dukungan partai politik.
Untuk agenda sosialisasi calon independen ini, KPU Sulsel telah melakukan undangan terbuka melalui media cetak akhir pekan lalu. "Karena kita tidak tahu siapa calon independen yang benar-benar akan maju melalui jalur ini, maka kita memanggilnya melalui undangan terbuka," tandas anggota KPU Sulsel, Ziaurrahman, Minggu, 22 Juli.
Ziaurrahman menambahkan, kandidat yang ingin bertarung melalui jalur perseorangan butuh kerja keras untuk mengumpulkan ratusan ribu fotokopi KTP, yang tersebar minimal di 13 kabupaten/kota di Sulsel. Waktu yang tersisa pun tidak banyak lagi, karena pertengahan Agustus mendatang, calon independen sudah harus memasukkan berkas dukungan kepada KPU Sulsel. (hamsah umar)    
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar