Powered By Blogger

Kamis, 19 Juli 2012

Garuda-Na Butuh 392.066 Dukungan KTP


*Rusli-Ismail Juga Lirik Independen

MAKASSAR, FAJAR--Pasangan cagub Sulsel yang akan maju melalui jalur independen di pilgub Sulsel, membutuhkan sedikitnya 392.066 dukungan KTP untuk bisa ikut bertarung, tidak terkecuali pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na).
Garuda-Na mulai melirik jalur independen di pilgub Sulsel setelah melihat peluang diusung parpol cukup berat, dimana baru Gerindra yang dipastikan akan mengusung. Cawagub Gerindra, Andi Nawir Pasinringi telah menegaskan akan tetap maju di pilgub Sulsel kendati harus melalui jalur perseorangan.  
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah menetapkan jumlah dukungan minimal yang dibutuhkan calon independen yakni 392.066 fotokopi KTP atau 4 persen dari jumlah penduduk Sulsel yang menembus angka 9.801.634 jiwa. "Dukungan KTP calon perseorangan ini paling sedikit tersebar di 13 kabupaten/kota di Sulsel," jelas anggota KPU Sulsel, Ziaurrahman, Rabu, 18 Juli.
Sementara untuk dukungan parpol yang dihitung berdasarkan jumlah kursi dibutuhkan 12 kursi dari 75 kursi yang ada di DPRD Sulsel. Sedang untuk persentase suara butuh 15 persen. "Karena pada pileg 2009 lalu jumlah suara sah sebanyak 3.756.872 suara, maka calon yang gunakan persentase suara harus mengumpulkan 663.531 suara sah atau 15 persen," tambahnya.
Ziaurrahman menyebut, KPU Sulsel berencana akan melakukan sosialisasi calon perseorangan pada 23 Juli mendatang. Kandidat gubernur yang akan maju melalui independen diharapkan ikut dalam sosialisasi tersebut.
Selain Garuda-Na yang melirik perseorangan, saat ini dua tokoh Sulsel diketahui ikut melirik calon perseorangan yakni CAPT Rusli Ibrahim dan Ismail Rahmat Dg Naba. Rusli adalah seorang karyawan pelayaran di PT Surya Bintang Timur Surabaya dengan jabatan Marine Surveyor, sedang Ismail diketahui sebagai dosen UNM Makassar. Kedua tokoh ini diketahui telah membangun komunikasi dengan KPU mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk maju independen.
Dua tokoh yang melirik independen ini sudah bertatap muka langsung dengan anggota KPU Sulsel, Ziaurrahman dan Lomba AS. Ismail bahkan sudah banyak menyebar banner untuk menyosialisasikan keinginannya maju di Sulsel. "Ismail ini sudah menebar atribut bahkan sudah sampai ke daerah. Berarti ada keseriusan," kata Ziaurahman.
Rusli yang dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan keinginannya maju melalui jalur independen di Sulsel. Bahkan dia mengaku sudah ada tim yang telah mengumpulkan KTP. "Tim saya sudah mulai kumpulkan KTP. Sebagai putra Sulsel, kita punya tanggung jawab untuk memikirkan daerah," kata tokoh kelahiran Bontonompo, Gowa ini. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar