Powered By Blogger

Minggu, 29 Juli 2012

Cabup Berebut Simpati Keluarga Karaeng-Sayyed


MAKASSAR, FAJAR--Pertarungan pasangan cabup-cawabup Takalar di pemilukada Oktober mendatang, tidak lepas dari pengaruh perebutan simpati keluarga karaeng dan sayyed. Dukungan keluarga besar karaeng dan sayyed yang ditokohkan di Taklar dianggap punya pengaruh besar.
Di Takalar, setidaknya ada dua komunitas keturunan yang dianggap berpengaruh di pemilukada Takalar yakni keluarga karaeng dan sayyed. Misalnya saja keluarga besar Karaeng Polobangkeng, Karaeng Galesong, serta Sayyed Cikoang. Karena pengaruh keluarga karaeng dan sayyed ini dianggap punya potensi mempengaruhi pemilih, klaim dukungan keluarga karaeng pun mulai dimunculkan kandidat.
Misalnya saja pasangan A Makmur Sadda-Nashar Baso (Aman) yang lebih awal mengklaim didukung keluarga besar Karaeng Polobangkeng. Ini cukup mendasar karena Makmur dikenal memiliki pertaliang keluarga dengan keluarga karaeng di Polobangkeng seperti Ranggong Dg Romo. Sementara Nashar dikenal sebagai bagian dari rumpung keluarga Karaeng Galesong dan Gowa.
Juru Bicara Aman, Dedi Hasta bahkan menyebut dukungan besar tokoh masyarakat Takalar termasuk keluarga karaeng di Takalar, semakin meningkatkan tingkat elektabilitas pasangan ini. "Bergabungnya simbol-simbol tokoh masyarakat Takalar ini semakin menguatkan posisi Aman," kata Dedi.
Jubir pasangan Syamsari Kitta-Hamzah Barlian, Hairil Anwar tidak mau kalah dengan dukungan keluarga karaeng di daerah ini. Kendati demikian, pasangan ini ogah mengklaim keluarga karaeng yang mendukungnya. "Pak Hamzah Barlian itu bagian dari keluarga besar keturunan karaeng. Cuma kan tidak etis kalau saya harus membeber keluarga karaeng yang mendukung tim kita," kata Hairil.
Bagaimana dengan keluarga Sayyed di Cikoang, pasangan Ahmad Dg Se're-Sukwansyah dianggap lebih memiliki peluang untuk mendapatkan simpati keluarga Sayyed ini. Dukungan keluarga besar Bupati Takalar, Ibrahim Rewa terhadap pasangan ini dianggap lebih mudah mendapatkan simpati keluarga Sayyed dibanding kandidat lainnya. Kendati sejauh ini belum ada calon yang mau mengklaim mendapat dukungan dari keluarga besar Sayyed Cikoang. (hamsah umar)    

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar