Powered By Blogger

Rabu, 25 Juli 2012

KPU Gilir Pelatihan PPS


MAKASSAR, FAJAR--Setelah menuntaskan proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 14 kecamatan di Makassar, KPU Makassar bakal disibukkan untuk melakukan pelatihan kepada anggota PPK dan PPS di daerah ini.
Mengingat jumlah PPK dan PPS se-Kota Makassar mencapai ribuan orang, KPU akan menggilir jadwal pelatihan PPK dan PPS per kecamatan. Selain mengefektifkan proses pelatihan, KPU juga berharap anggota PPK dan PPS lebih mudah memahami tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan utamanya bagi pelaksana yang baru.
"Untuk agenda pelatihan PPK dan PPS kita harus melakukannya secara bertahap mengingat jumlahnya banyak. Alternatifnya PPK yang buat jadwal dibawah pada setiap kecamatan kemudian kita yang mendatangi mereka. Kalau pelatihannya bersamaan itu malah merepotkan," kata Ketua Divisi Bagian Hukum KPU Makassar, Nurmal Idrus.
Ribuan anggota PPK dan PPS di Makassar ini akan terlebih dahulu dibekali pengetahuan mengenai tugas dan tanggung jawab kepemiluan sebelum mereka bekerja. Salah satu agenda mendesak yang dihadapi PPS adalah pemutakhiran data pemilih serta verifikasi calon dukungan independen yang akan berlangsung Agustus mendatang. Untuk pemutakhiran data pemilih sendiri, PPS diminta untuk merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang betul-betul menguasai wilayah berbasis TPS.
KPU berharap, PPDP yang akan diberi tugas melakukan pemutakhiran data berbasis TPS ini adalah tokoh yang memiliki pengaruh dan mengenal daerahnya, sehingga pemutakhiran data pemilih nantinya bisa akurat. Kendati pemutakhiran data pemilih sekadar menyingkrongkan daftar penduduk potensial pemilih (DP4) yang diberikan pemprov, namun tugas tersebut tetap memerlukan petugas yang kompeten. (hamsah umar)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar