Powered By Blogger

Kamis, 19 Juli 2012

Deklarator PAN Sarankan Dukung IA


MAKASSAR, FAJAR--Tarik menarik dukungan PAN di pilgub Sulsel turut menyita perhatian deklarator PAN Sulsel. Klaim bahwa PAN sudah merekomendasikan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang), bisa memicu perpecahan kader sekiranya rekomendasi dimaksud belum bisa dipastikan.
Salah seorang deklrator PAN Sulsel, H Mas'ud Samal menyarankan agar kader PAN di Sulsel tetap menunggu dukungan resmi DPP PAN. Mas'ud menilai, rekomendasi DPP PAN yang pernah beredar selama ini belum bisa diyakini apalagi sejumlah elit DPP PAN juga mengaku belum tahu menahu terbitnya rekomendasi dimaksud.
Mas'ud yang pernah wakil Bendahara dan wakil sekretaris DPW PAN Sulsel ini bahkan menyatakan tidak yakin PAN akan mendukung pasangan Sayang di pilgub Sulsel. Alasannya di tingkat pusat, PAN memilihi hubungan kekeluargaan dengan Demokrat. Pertimbangan lain, dukungan PAN di pilgub Sulsel tetap berorientasi pilpres 2014 mendatang.
"Kalau analisis saya, PAN sulit mendukung pasangan Syahrul-Agus karena apapun namanya ini ujung-ujungnya pilpres. Untuk pilpres. PAN sudah mendorong Hatta Rajasa menjadi capres tentu ada harapan cagub yang didukung punya peluang mendukung Hatta. Sementara Syahrul ini sudah mendeklarasikan Aburizal Bakrie capres Golkar," kata Mas'ud yang saat ini tercatat sebagai Ketua MPP DPW PAN Sulbar.       Sebagai kader PAN yang pernah menjadi bagian dari DPW PAN Sulsel, Mas'ud mengaku punya kewajiban melihat PAN besar di Sulsel. Makanya, dia pun menyarankan elit DPP PAN untuk lebih cerdas menentukan cagub yang akan diusung di pilgub Sulsel 2013 mendatang.
Paling tidak, DPP PAN harus belajar kasus pilkada DKI Jakarta dimana cagub incumbent yang cukup diunggulkan, kalah dukungan dari pasangan penantangnya. "Kalau saya bicara kecenderungan, DPP PAN akan merekomendasikan pasangan IA. Tidak cerdas DPP PAN sekiranya tidak merekomendasikan pasangan IA di pilgub Sulsel.  Orang luar Sulsel yang masuk Makassar itu takjub ketika melihat perubahan yang terjadi di Makassar dan itu adalah karya dari Pak Ilham," tambah Mas'ud.
Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta kembali mempertegas bahwa dukungan PAN untuk pilgub Sulsel diyakini tetap ke Sayang. Kalau pun saat ini rekomendasi belum diserahkan ke Sayang, itu karena persoalan waktu Hatta Rajasa. Rencana penyerahan rekomendasi PAN Sulsel sendiri sudah beberapa kali tertunda. "Yang jelas, rekomendasi kita ingin serahkan saat rakerwil dan dilakukan langsung oleh Hatta," kata Usman Lonta. (hamsah umar)                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar