Powered By Blogger

Minggu, 26 Agustus 2012

Demokrat Akan Netral di Bone dan Palopo


MAKASSAR, FAJAR--DPC Demokrat Palopo dan Bone bakal netral di pemilukada Bone dan pilwalkot Palopo. Saat ini, keinginan memilih netral ini tinggal menunggu putusan resmi DPD Demokrat Sulsel.
Saat ini, wacana Demokrat memilih netral di Bone dan Palopo ini masih dikaji mendalam desk pilkada DPD Demokrat Sulsel. Keputusan resmi apakah netral atau mendukung calon tertentu di dua daerah ini dipastikan tidak akan lama lagi. "Seperti apa sikap resmi Demokrat di Bone dan Palopo masih kita kaji. Kalau kita sudah melakukan kajian secara mendalam baru kita mengambil sikap resmi. Mungkin dalam waktu dekat sudah ada keputusan," kata Wakil Ketua DPD Demokrat Sulsel, Andry Arief Bulu, Kamis, 23 Agustus.
Sekadar tahu, di Bone dan Palopo partai pemenang kedua di Sulsel pada pemilu 2009 lalu ini memang menentukan arah dukungan. DPC Demokrat Palopo sebelumnya sempat gencar mendorong kader untuk maju bertarung, namun upaya tersebut tidak terwujud.
Salah satu alasan sehingga kader partai berlambang Mercy ini mewacanakan netral di Bone dan Palopo, karena kader Demokrat ingin total memenangkan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA). Kader Demokrat tidak ingin pecah konsentrasi memenangkan pasangan yang diusung untuk calon kepala daerah di Palopo dan Bone dengan upaya memenangkan IA di pilgub Sulsel. Pilgub dan pemilukada Bone serta pilwalkot Makassar memang digelar bersamaan Januari 2013 mendatang.
Palopo dan Bone dikenal sebagai salah satu basis pasangan nasionalis-religius, sehingga ini pula yang menjadi salah satu alasan kader mendorong partai netral. "Bagaimana pun memang Palopo dan Bone ini adalah daerah perjuangan IA. Makanya, partai akan berhitung secara cemat baik di Palopo atau Bone. Yang pasti, kita ingin ciptakan kedekatan kader dengan IA di pilgub," lanjut Andry.
Sekiranya pilihan untuk netral di dua daerah ini lebih menguntungkan IA di pilgub, Demokrat memastikan akan memilih netral sebagaimana keinginan sejumlah kader. "Pilihan yang bisa untungkan IA yang menjadi target kita di dua daerah ini," imbuh Andry.
Ketua DPC Demokrat Palopo, Hamka Hidayat terpisah menyatakan pengurus dan kader Demokrat di Palopo menyerahkan sepenuhnya kepada DPW Demokrat Sulsel, soal sikap partai secara resmi di daerah ini. "Apapun hasil yang dikeluarkan DPD itulah yang kita ikuti. Kita di DPC menyerahkan sepenuhnya ke desk pilkada Demokrat Sulsel untuk mengkaji itu. Yang terpenting muaranya adalah untuk kepentingan Demokrat dan kepentingan pilgub Sulsel 2013," kata Hamka Hidayat. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar