Powered By Blogger

Selasa, 14 Agustus 2012

Tanpa Independen, KPU Hemat Rp500 Juta


MAKASSAR, FAJAR--Pertarungan untuk memperebutkan kursi gubernur di pilgub Sulsel 2013 mendatang dipastikan tanpa calon perseorangan. Hingga sehari jelang penutupan masa penyerahan berkas dukungan KTP calon independen, KPU Sulsel masih sepi alias tanpa kandidat.
Masa penyerahan berkas dukungan KTP calon gubernur independen sendiri akan berakhir Selasa, 14 Agustus tepat pukul 00.00 Wita. Tim kerja yang telah dibentuk KPU untuk menerima penyerahan berkas calon independen, siap menunggu kandidat hingga pukul 00.00 Wita hari ini. Kalau hingga batas waktu tersebut tidak ada yang menyerahkan dukungan berarti pilgub Sulsel tanpa calon independen.
Bagi KPU, tidak adanya calon independen yang ikut bertarung itu sedikit mengurangi beban kerja penyelenggara pemilu tingkat bawah, utamanya dalam rangka verifikasi faktual berkas calon perseorangan. Tidak hanya itu, KPU juga bisa menghemat anggaran pilgub hingga Rp500 juta untuk satu pasangan calon.
Untuk biaya verifikasi faktual dukungan calon perseorangan, KPU menghitung anggaran sebesar Rp500 per KTP, sehingga jika dihitung secara keseluruhan biaya yang dibutuhkan ketika ada calon independen yang bertarung tidak kurang dari Rp500 juta. "Tapi yang besar anggaran yang dibutuhkan itu adalah proses verifikasinya," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaurrahman, Senin, 13 Agustus.
Sebelumnya, dua tokoh yakni Capt Rusli Ibrahim dan seorang dosen UNM, Ismail Rahmat menyatakan akan bertarung melalui jalur perseorangan di pilgub Sulsel. Bahkan saat sosialisasi syarat calon perseorangan di KPU beberapa waktu lalu, kedua tokoh tersebut sempat hadir. Kendati saat itu keduanya memang sudah pesimis dengan syarat yang ditetapkan KPU utamanya dukungan KTP dan sebarannya minimal di 13 kabupaten/kota di Sulsel.
Baik Ismail dan Rusli sejauh ini tidak ada tanda-tanda akan menyerahkan dukungan KTP ke KPU Sulsel kendati Ismail mengklaim sudah mengumpulkan sedikitnya 600.000 lembar dukungan KTP. "Sampai saat ini tidak ada tanda-tanda ada calon independen mendaftar. Tapi kita belum bisa pastikan tidak ada karena jangan sampai besok ada yang datang. Pokoknya kita tunggu sampai pukul 00.00 Wita," lanjut Ziaurrahman. (hamsah umar)                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar