Powered By Blogger

Rabu, 22 Agustus 2012

PAN Prioritaskan Empat Kader di Sinjai


MAKASSAR, FAJAR--Sukses mengantar kader PAN di Maros menjadi bupati, kader PAN di SUlsel makin berani mendorong kadernya bertarung di pemilukada. Kader bahkan mendapat prioritas utama diusung partai untuk bertarung.    
Di pemilukada Sinjai, setidaknya ada empat kader PAN yang diberi prioritas untuk mengendarai PAN pada pemilukada Sinjai mendatang. Mereka adalah Ketua MPP DPW PAN Sulsel, Muchlis Panaungi serta tiga pengurus DPD PAN Sinjai masing-masing Muhtar Mappatoba, Dedi Ardiansyah, dan Muhtar Badewin.
Meski diprioritaskan, kader PAN tidak serta merta diusung partai kecuali memiliki trend survei yang bisa memenangkan pertarungan. DPD PAN Sinjai bertekad mengusung pasangan calon yang bisa menang di pemilukada Sinjai 2013 mendatang. "Sudah menjadi harapan PAN Sulsel memang untuk memprioritaskan kadernya diusung pada setiap pemilukada. Namun prioritas ini akan dilihat sejauh mana kader tersebut punya kesungguhan untuk bertarung," jelas Wakil Sekretaris DPW PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar.
Terlepas ada keinginan DPW PAN Sulsel untuk memberikan prioritas kepada kader untuk mengendarai partai pada setiap pemilukada di daerah, PAN juga tidak ingin sekadar mengusung calon kalau peluang menang tidak ada. "Pada prinsipnya PAN selalu ingin prioritaskan kader menjadi calon bupati atau pun wakil bupati, kalau surveinya ada peluang menang partai tentu memprioritaskan kader," kata Wakil Sekretaris DPW PAN Sulsel, Ahmad Pasima.
Kendati PAN sejauh ini belum pernah melakukan survei internal untuk mengukur kekuatan kadernya yang akan maju di Sinjai, Ahmad berharap empat nama kader yang ingin maju di Sinjai ini bisa bersaing dan meningkatkan elektabilitasnya. Makanya, peluang nonkader diusung PAN di pemilukada tetap terbuka lebar.
Saat ini, PAN Sinjai sudah menjaring setidaknya 14 calon bupati yang mendaftar hingga batas akhir pendaftaran calon. Beberapa tokoh diluar partai yang mengincar PAN seperti, Sabirin Yahya, Syamsul Qamar, Hasan Basri Ambarala, Irwan Patawari, Halilintar, Andi Seto Asapa, Anis Asra, dan sejumlah tokoh lainnya. "Mereka inilah yang sementara kita jaring dan akan lihat seperti apa surveinya," lanjutnya.
Dari sejumlah tokoh yang mengincar PAN itu, setidaknya ada empat calon kuat yang akan menjadi tantangan bagi kader PAN sendiri seperti Sabirin Yahya, Anis Asra, Andi Seto Gadhysta Asapa, dan Irwan Patawari. Hasil survei yang dilansir berbagai lembaga survei selama ini menempatkan keempat tokoh tersebut berada pada urutan teratas perolehan dukungan masyarakat. Bahkan informasi yang berkembang, Anis Asra yang mempopulerkan tagline Hamas memiliki kans besar untuk mengendarai PAN di Sinjai.
Partai berlambang matahari terbit ini cukup seksi untuk pemilukada Sinjai. Pasalnya, partai ini tinggal membutuhkan satu dukungan kursi untuk bisa mengusung pasangan calon. Di DPRD Sinjai, PAN memiliki empat kursi sementara untuk bisa mengusung calon harus memiliki minimal lima kursi. "Selama ini PBB kita sudah sering bangun komunikasi di Sinjai," imbuh Ahmad.
Sebelumnya, Muchlis Panaungi yang juga anggota DPRD Sulsel menegaskan peluangnya mengendarai PAN di pemilukada Sinjai sangat terbuka. Selain mendapat dukungan masyarakat luas, dia juga adalah kader PAN. "Saya yakin PAN mengusung saya, karena partai itu mengutamakan kadernya," kata Muchlis. (hamsah umar)                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar