Powered By Blogger

Rabu, 29 Agustus 2012

Nonparlemen Berpotensi Beri Dukungan Ganda


MAKASSAR, FAJAR--Sejumlah partai politik (parpol) nonparlemen di Sulsel bermain dua kaki atau memberikan dukungan ganda  terhadap cagub di pilgub Sulsel. Selain merekomendasikan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), juga Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na).
Indikasi adanya sejumlah parpol nonparlemen bermain dua kaki ini melihat jika melihat persentase suara yang dimiliki. Sebelumnya, beberapa parpol nonparlemen seperti PPRN,  PNB, PDP, PKPB, Partai Pelopor, PIB, PPD, PPPI, PPI, PNI Marhaen, Pakar Pangan, lebih awal telah menyatakan dukungan terhadap pasangan Ilham-Aziz di pilgub. Bahkan rekomendasi parpol itu sudah diberikan kepada Semangat Baru itu.
Di pihak lain, pasangan Rudi-Nawir juga mengklaim mendapat dukungan parpol nonparlemen dengan persentase suara hingga 18 persen. Padahal, kalau hanya mengandalkan 11 parpol nonparlemen yang selama ini belum bersikap resmi seperti Partai Barnas, Partai Kedaulatan, Partai Karya Perjuangan, Partai Matahari Bangsa, PNBKI, Partai Patriot, PKDI,
PIS, Partai Merdeka, PSI dan Partai Buruh persentase suara partai ini tidak sampai 10 persen.
Itu berarti, beberapa parpol yang selama ini telah menyatakan dukungan terhadap Ilham-Aziz telah bermain dua kaki bahkan ditengarai mengeluarkan rekomendasi ganda. Salah satu partai yang sudah terang-terangan mendukung Garuda-Na adalah Partai Indonesia Baru (PIB). Ketua PIB Sulsel, Saelan Moka beberapa kali telah menandaskan dukungannya terhadap Garuda-Na kendati sejak awal juga telah menyatakan dukungan terhadap Ilham-Aziz.
Tim Ilham-Aziz sendiri menyatakan 11 parpol nonparlemen sudah menyerahkan rekomendasi resmi DPP sejak Juli lalu. Jubir IA, Syamsu Rizal menegaskan parpol tersebut sampai saat ini solid bahkan rajin mengikuti kegiatan yang dilakukan Ilham-Aziz. Sehingga kalau pun Garuda-Na mengklaim sudah mengantongi rekomendasi parpol nonparlemen hingga 18 persen persentase suara, IA yakin dukungan parpol nonparlemen tidak akan bergeser.
Kendati, Syamsu Rizal tidak menepis adanya partai yang cenderung bergeser ke Garuda-Na seperti PIB dan PPRN. "Tapi kan rekomendasinya sudah ada sama kita," lanjut Ketua PMI Makassar ini.
Tim Garuda-Na sendiri jauh ini belum berani melansir parpol nonparlemen yang resmi mendukungnya di pilgub. Tim cagub yang satu ini hanya mengklaim mendapat dukungan parpol nonparlemen dengan persentase suara hingga 18 persen. Rudi-Nawir baru bersedia melansir parpol pengusung saat pendaftaran dilakukan 13 September mendatang. "Intinya cukup untuk mendaftar di KPU," kata tim Garuda-Na, Chalik Suang. (hamsah umar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar