Powered By Blogger

Senin, 27 Agustus 2012

DPP PAN: Rekomendasi PAN Belum Resmi


MAKASSAR, FAJAR--Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa menyebut partai berlambang matahari terbit ini belum mengeluarkan rekomendasi resmi untuk mendukung cagub di pilgub Sulsel 2013.
Pengakuan terbaru Hatta ini dikutip Koordinator Wilayah (Korwil) Sulawesi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PAN, Andi Yuliani Paris. Kepada FAJAR, Yuliani mengungkap kalau beberapa hari sebelum Idulfitri, dirinya bertemu dengan Hatta dan mempertanyakan mengenai rekomendasi PAN untuk pilgub Sulsel utamanya terkait SK dukungan yang sempat beredar untuk mendukung pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang).
Dalam pertemuan Yuliani dengan Hatta itu, besan Susilo Bambang Yudhoyono ini mengungkap kalau SK yang sempat beredar tersebut adalah rekomendasi yang dimunculkan PAN saat nama pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), belum masuk daftar cagub Sulsel yang diusulkan DPW PAN Sulsel ke DPP. Hatta tidak menepis ada rekomendasi yang sempat dimunculkan. Namun itu tadi, sebelum pasangan Ilham-Aziz masuk daftar cagub yang diusul PAN ke DPP.
"Saya pernah bertemu langsung dengan Pak Hatta. Menurut penjelasannya, rekomendasi yang beredar itu keluar sebelum Ilham-Aziz termasuk cagub yang diusulkan DPW PAN Sulsel," kata Yuliani.
Karenanya, Yuliani beranggapan bahwa sejauh ini partai yang didirikan tokoh reformasi Indonesia, Amien Rais ini belum memiliki dukungan resmi untuk pilgub Sulsel mendatang. Beberapa bulan lalu, DPW PAN Sulsel melansir SK DPP PAN untuk mendukung pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) sebagai pasangan cagub Sulsel 2013 mendatang.
Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi yang dikonfirmasi terpisah menegaskan DPW PAN Sulsel saat ini tetap berpatokan pada rekomendasi yang pernah difaks DPP PAN ke PAN Sulsel beberapa bulan lalu, apalagi SK rekomendasi tersebut sudah ada di tangan dalam bentuk aslinya.
Wakil Ketua DPRD Sulsel ini menepis kalau pengusulan cagub Sulsel ke DPP PAN dilakukan secara bertahap atau ada yang diusul lebih awal seperti penjelasan Yuliani Paris. DPW PAN Sulsel kata dia mengusulkan cagub Sulsel ke DPP secara bersamaan yakni Syahrul Yasin Limpo dan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA). Tapi kalau yang memberi pernyataan langsung dari Hatta, Kahfi menegaskan bahwa pernyataan resmi Hatta itulah yang resmi nantinya.
"Tidak benar proses yang kita lalui seperti itu. Pengusulan cagub dari DPW Sulsel ke DPP kita lakukan secara bersamaan yakni dua calon yaitu Syahrul dan pasangan Ilham-Aziz. Saat itu, Pak Syahrul malah belum ada pasangannya," kata Kahfi.
Kahfi menegaskan, PAN adalah organisasi politik sangat modern sehingga mekanisme partai termasuk dalam penjaringan cagub Sulsel tidak dilakukan begitu saja. "Partai modern itu punya mekanisme dan itu yang dilakukan. Setelah kita proses dan ajukan dua calon bersamaan, lahirlah rekomendasi dari DPP," tandas Kahfi.
Kahfi bahkan menegaskan penyerahan SK dukungan PAN terhadap Sayang tinggal menunggu perintah dan petunjuk DPP PAN. Sejauh ini, PAN memang belum menetapkan jadwal resmi untuk menyerahkan dukungan tersebut karena masih menunggu petunjuk resmi Hatta Rajasa. (hamsah umar)                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar