Powered By Blogger

Minggu, 26 Agustus 2012

Ditemukan Daftar Pemilih Berusia 2.000 Tahun


MAKASSAR, FAJAR--Akurasi data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pilgub Sulsel 2013 layak dipersepsikan amburadul. Betapa tidak, ada ditemukan daftar pemilih yang usianya mencapai 2.000 tahun.
Adanya daftar pemilih yang berusia 2.000 tahun ini mengacu hasil verifikasi sementara yang dilakukan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di Sulsel. Daftar pemilih yang berusia tidak rasional masuk DP4 ini tidak hanya satu orang saja tapi juga ada yang berusia 600 tahun, 500 tahun serta bocah berusia 5 tahun.
Daftar pemilih yang tidak akurat dari segi usia ini ditemukan tim verifikasi KPU Bulukumba. Ini ditemukan di wilayah Kecamatan Gantarang serta Ujung Loe Bulukumba. "Sementara ini memang kita sudah menemukan banyak data yang tergolong tidak akurat karena ada yang berusia 2.000 tahun, serta ada juga dibawah umur yakni 5 tahun," kata Ketua KPU Bulukumba, Arum Spink, Jumat, 24 Agustus.
Selain dari sisi usia, tim verifikasi KPU Bulukumba juga menemukan banyak daftar pemilih ganda. Dari 375.922 jumlah DP4 Bulukumba, setidaknya sudah ada 5.000 daftar pemilih ganda yang ditemukan. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah karena proses verifikasi yang dilakukan KPU Bulukumba masih sementara berjalan. Arum Spink menyebut, angka daftar pemilih ganda ini lebih besar dari yang ditemukan KPU Bulukumba pada pemilukada Bulukumba lalu.
"Ribuan daftar pemilih ganda yang kita temukan ini memiliki nama, alamat serta tanggal lahir yang sama. Daftar yang kita temukan ganda ini selanjutnya akan kita telusuri ke bawah untuk memastikannya. Karena kita juga tidak langsung menghapus daftar yang ganda itu," lanjut Arum Spink.
Ketua KPU Kepulauan Selayar, Zulfinas Indra terpisah menyebutkan bahwa tim verifikasi DP4 KPU Selayar saat ini juga masih melakukan proses penelitian DP4 yang telah diserahkan pemprov melalui KPU Sulsel. Untuk dafar pemilih ganda, Zulfinas menyebut tim verifikasi belum melakukan rekap sampai saat ini.
Namun berdasar temuan sementara hasil verifikasi yang dilakukan bersama KPU Sulsel beberapa waktu lalu, setidaknya ada 1.200 daftar pemilih ganda di Selayar dari  91.337 DP4 daerah ini. (hamsah umar)                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar