Powered By Blogger

Rabu, 22 Agustus 2012

Lonjakan Penduduk Untungkan Parpol


MAKASSAR, FAJAR--Lonjakan penduduk yang akan berdampak pada peningkatan jumlah kursi di DPRD Sulsel menguntungkan partai politik (parpol). Parpol punya peluang besar meningkatkan jumlah kursinya di parlemen.
Namun elit partai politik di Sulsel sejauh ini masih melihat apakah benar lonjakan penduduk Sulsel saat ini sudah menjadi 9,8 juta atau angka tersebut adalah keliru. "Yang pertama yang perlu dilihat apakah lonjakan penduduk yang sudah 9,8 juta ini sudah angka valid. Kalau benar seperti itu, tentu kursi di DPRD Sulsel akan menjadi 85 kursi," kata Sekretaris Umum DPW PKS Sulsel, Amru Saher, Jumat, 17 Agustus.
Dibalik peluang peningkatan jumlah kursi di DPRD Sulsel, elit partai politik melihat sebagai peluang untuk meningkatkan jumlah kursi, sehingga dengan sendirinya akan semakin menguntungkan partai yang akan berkompetisi di pemilu legislatif 2014 mendatang. Betapa tidak, setidaknya ada 10 kursi tambahan yang akan diperebutkan oleh partai politik peserta pemilu.
Namun bagi Amru yang juga anggota DPRD Sulsel, jumlah penduduk yang dilansir pemerintah selama ini belum bisa diyakini sepenuhnya. Bisa saja jumlah daftar agregat kependudukan per kecamatan yang dilansir pemprov dan diserahkan ke KPU Sulsel beberapa waktu lalu tidak valid. Contoh kecil saja, daftar pemilih yang saat ini di tangan KPU Sulsel banyak yang ganda kendati proses verifikasi baru tahap awal. "Sehingga kan ada keraguan termasuk jumlah penduduk itu sendiri," lanjut Amru Saher.
Lonjakan penduduk ini juga tidak sekadar menambah jumlah kursi di DPRD Sulsel tapi juga bakal menambah jumlah daerah pemilihan (dapil), atau dapil akan digodok ulang. Pasalnya berdasar ketentuan undan-undang, setiap dapil maksimal jumlah kursinya adalah 12 kursi. Saat ini, ada tiga dapil yang jumlah kursinya sudah 12 yakni dapil I Makassar, dapil IV (Bone, Soppeng, Wajo), dan dapil VI (Pinrang, Sidrap, Enrekang, Toraja).
"Kalau terjadi penambahan kursi maka tambahan kursi itu akan merata ke setiap dapil. Artinya tiga dapil itu akan digodok ulang misalnya saja satu dapil itu dijadikan dua dapil atau dua dapil dijadikan tiga dapil," tambah Amru Saher.
Sekretaris Umum DPW PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar juga berpendapat bahwa penambahan kursi di DPRD Sulsel ini membuka peluang masing-masing partai berkompetisi untuk menambah kursi di dewan. "Tapi kita normatifnya saja. Kalau jumlah penduduk yang disepakati seperti yang berkembang selama ini, tentu kita akan bertambah 10 kursi," imbuh Buhari. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar