Powered By Blogger

Jumat, 31 Agustus 2012

Polda Minta Pagi dan Sore


*Pendaftaran Sayang-IA

MAKASSAR, FAJAR--Dua Pasangan cagub Sulsel Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) dan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) harus siap bergeser dari jadwal yang diajukan.
Ini memberikan jaminan keamanan saat pendaftaran di KPU Sulsel, Jumat, 14 September mendatang. Pendaftaran usai salat Jumat oleh keduanya tidak refresentatif jika ada pengerahan massa pendukung. Paling ideal harus ada jarak minimal lima jam dalam proses pendaftaran itu.
Polda Sulsel sebagai institusi yang paling bertanggung jawab dalam mengamankan proses pendaftaran cagub Sulsel ini menyarankan agar pendaftaran kedua calon ini ada yang pagi dan sore. Bahkan kalau perlu berselang satu hari. "Kalau satu sekitar pukul 09.00 Wita dan satunya pukul 14.00 Wita potensi benturannya tidak ada, karena yang pagi akan pulang Jumatan. Jadi kalau memang harinya harus bersamaan, baiknya ada pagi dan sore," pinta Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Chevy Achmad Sopari, Rabu, 29 Agustus.
Tawaran-tawaran ini diharapkan bisa menjadi kesepahaman dalam rapat koordinasi yang akan dilakukan KPU Sulsel Jumat besok, yang juga melibatkan tim sukses kandidat gubernur. Terhadap jadwal pendaftaran ini, polda berharap KPU membuat jadwal yang bisa memberikan kepastian tidak akan terjadi benturan.
Polda kata Chevy pada dasarnya siap melakukan pengaman pendaftaran cagub di KPU. Adapun berapa jumlah personil yang akan diturunkan, bergantung perkiraan jumlah massa pendukung kandidat. "Personel yang diturunkan itu harus sebanding dengan jumlah massa kedua kandidat tersebut," sebut Chevy.
Chevy berharap tim Sayang dan IA ada koordinasi dengan kepolisian agar polisi melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup yang diperlukan. "agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tim sukses setiap kandidat harus selalu koordinasi dengan polisi. Massa setiap pendukung tidak boleh ada membawa sajam dan jika ada yang ditemukan kami akan proses sesuai dengan hukum yang berlaku," tegas Chevy.
Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas juga berpendapat proses pendaftaran Sayang dan IA di KPU Makassar pada 14 September mendatang mesti bisa memberikan jaminan tidak ada benturan baik saat di KPU maupun saat bertemu di jalan. "Masukan ada yang pagi dan sore saya kira cukup baik. Semua akan kita pikirkan makanya kita akan melakukan pertemuan dulu," kata Jayadi. (hamsah umar)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar