Powered By Blogger

Rabu, 29 Agustus 2012

Sayang-IA Janji Legowo


MAKASSAR, FAJAR--Dua pasangan cagub SulselSyahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) dan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) berjanji legowo menerima jadwal pendaftaran yang ditetapkan KPU untuk masing-masing calon.
Kendati pun kedua pasangan ini sudah mengajukan jadwal pada Jumat, 14 September pada jam yang hampir bersamaan 13.00 Wita dan 14.00 Wita, Sayang dan IA sama-sama siap digeser kalau sudah menjadi pertimbangan rasional KPU Sulsel. Kedua pasangan ini juga menyadari besarnya potensi gesekan massa pendukung.
Jubir Sayang, Henny Handayani mengatakan, minimalisasi potensi gesekan ini menjadi tanggung jawab KPU Sulsel selaku penyelenggara. Benturan fisik massa pendukung bisa dihindari sepanjang KPU mampu melakukan pengaturan dengan baik.
"Semuanya tergantung pada pengaturan KPU. Kalau bagus pengaturannya KPU, maka Insya Allah tidak terjadi gesekan massa," kata Handayani.
Mantan Ketua Badko HMI Sulselbar ini menyebut selisih satu jam jadwal yang diusulkan Sayang dan IA pihak Sayang tidak mau berandai-andai. Sayang lebih memilih untuk menyerahkan ke KPU untuk mengaturnya dengan baik. "Kami percaya pada KPU, bahwa mereka mampu mengatur ini agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," sambung Henny.
Jubir Ilham-Aziz, Selle KS Dalle juga menyatakan memberi kewenangan penuh pada KPU Sulsel untuk mengatur sesuai kewenangan yang dimiliki. Namun, IA tetap berharap, jadwal yang telah dia ajukan ini tetap tidak ada pergeseran. "Kita tidak pernah ada pikiran untuk menggeser jadwal itu," kata Selle.
Sekiranya KPU Sulsel melakukan pergeseran misalnya ada yang pagi dan sore, KPU kata Selle harus memberikan penjelasan dan pertimbangan rasional. Dia menyarankan agar salah satu pertimbangan yang dijadikan patokan KPU adalah administrasi dalam hal ini pengajuan jadwal pendaftaran.
"Itu yang harus jadi patokan utama kalau harus ada pergeseran baru pertimbangan lainnya. Jadi menurut saya ukurannya sederhana dengan melihat administrasi usulan di KPU," imbuh Selle.
Apalagi tim IA kata dia saat ini sudah melakukan persiapan teknis sudah cukup matang dan terkonsolidasi dengan baik, dengan pihak-pihak yang akan dilibatkan dalam proses pendaftaran ini. IA sepaham asumsi banyak pihak adanya potensi benturan massa saat pendafataran yang bersamaan itu. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar