Powered By Blogger

Selasa, 03 Juli 2012

Bawaslu Tuding Pemprov Kurang Peduli


*Soal Ketersediaan Anggaran Panwaslu

MAKASSAR, FAJAR--Belum adanya kepastian kapan anggaran panwaslu Sulsel dicairkan Pemprov Sulsel membuat Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) turut prihatin. Lembaga pengawas pemilu ini menuding pemprov Sulsel tidak peduli dengan panwaslu.
Ketua Bawaslu Sulsel, Muh Alhamid menandaskan bahwa pemprov jauh hari sudah mengetahui bahwa pada 2012 ini Panwaslu Sulsel sudah harus bekerja, sehingga semestinya Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sebagai penanggung jawab pemerintahan sudah harus mengantisipasi kebutuhan anggaran panwslu. Tidak seperti sekarang ini dimana dana yang disiapkan untuk panwaslu belum bisa dicairkan.
"Saya yakin betul pemprov tahu betul kalau 2012 ini ada tahapan. Jadi mestinya dia care dengan persoalan dana panwaslu. Saya justru melihat kalau pemprov ini tidak peduli terhadap panwaslu mengenai kebutuhan anggaran," tandas Alhamid, Senin, 2 Juli.
Kalau sekiranya dana panwaslu yang dibutuhkan itu harus melalui APBD Perubahan, Alhamid dengan tegas melihat sikap pemprov tersebut keterlaluan. Pemprov kata dia bisa melakukan revisi anggaran untuk memenuhi kebutuhan anggaran panwaslu. Upaya tersebut terbuka untuk dilakukan kalau pemprov memiliki niat baik untuk mendanai panwaslu. "Kan kalau kondisinya sekarang kelihatan kalau tidak ada itikad baik," ujar Alhamid.
Panwaslu Sulsel berencana menemui gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo untuk membahas persoalan anggaran panwaslu Sulsel ini. Bawaslu akan membawa edaran mendagri soal keharusan pemprov membackup pendanaan panwaslu.
Terkait seleksi calon panwaslu Palopo yang saat ini sudah ada di tangan Bawaslu, Alhamid menyebut Bawaslu sudah menunjuk Endang Wihdatiningtyas untuk melakukan uji kelayakan pekan ini. Rencananya, uji kelayakan ini dilakukan di Makassar. "Kita pertimbangkan kalau itu dianggap cukup memberatkan, bisa saja Bawaslu yang datang ke Palopo atau bisa juga di Parepare," kata Alhamid.
Alhamid berharap, proses pelantikan panwaslu kabupaten/kota di Sulsel ini dilakukan serentak. Diharapkan pelantikan sudah bisa dilakukan Juli ini. Untuk uji kelayakan panwaslu di 21 kabupaten/kota di Sulsel yang digelar Panwaslu Sulsel, tiga anggota panwaslu masih melakukan penjaringan. Namun proses uji kelayakan panwaslu ini sudah akan diumumkan pada 4-5 Juli nanti. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar