Powered By Blogger

Selasa, 10 Juli 2012

Bur-Nojeng Asuransikan Warga Miskin


MAKASSAR, FAJAR--Pasangan calon bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim mulai menggagas program unggulan yang akan ditawarkan bagi warga Takalar ketika terpilih bupati Takalar. Salah satunya menyiapkan asuransi jiwa bagi warga miskin di daerah ini.
Program asuransi jiwa ini sebagai jaminan warga miskin terhadap keluarganya ketika pencari nafkah di lingkungan keluarga miskin ini sudah tidak bisa lagi mencari nafkah atau meninggal. Program asuransi jiwa ini digagas Bur-Nojeng karena jumlah kepala keluarga (KK) miskin di daerah ini masih sangat besar.
Berdasar survei dan data yang dimiliki Bur-Nojeng, setidaknya ada 7.000 KK dari sekitar 60 ribu KK di Takalar yang tidak memiliki simpanan baik dalam bentuk uang maupun emas. Dalam artian apa yang diperoleh keluarga ini cukup untuk menghidupi keluarganya pada saat itu juga. "Jadi warga yang tidak miliki simpanan baik di bank maupun di bawah bantal ini yang perlu kita asuransikan," tandas Bur, Senin, 9 Juli.
Kondisi masyarakat miskin yang tidak memiliki simpanan dalam bentuk apapun ini sangat rawan menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat. Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap warganya, Bur-Nojeng menyiapkan asuransi jiwa bagi mereka. "Sehingga kalau ada apa-apa, pemerintah bertanggung jawab. Harapan kita dengan asuransi jiwa ini kesenjangan sosial di tengah masyarakat bisa diminimalisir," tandas Bur.
Selain asuransi jiwa, Bur-Nojeng juga akan melakukan pemberdayaan ekonomi desa. Pemberdayaan ekonomi desa bisa dilakukan dengan membentuk lembaga atau badan usaha milik desa. Selain bisa menciptakan lapangan kerja, ekonomi pedesaan juga dipastikan lebih bergerak. "Sebenarnya kita sudah menyiapkan sedikitnya 11 program unggulan yang akan kita tawarkan kepada masyarakat Takalar. Program inilah yang akan kita prioritaskan untuk membangun Takalar lebih baik," imbuhnya.
Adapun pasangan Andi Makmu Sadda-Nashar Bason (AMAN), pasangan ini ingin memberikan pelayanan prima, kemandirian, tata kelola pemerintahan yang baik, serta pertumbuhan ekonomi berbasis kearifan lokal.
"Yang dibutuhkan masyarakat Takalar saat ini juga adalah pelayanan yang maksimal dari seluruh komponen pemerintahan. Makanya, pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik ke depan menjadi prioritas pasangan AMAN. (hamsah umar)  
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar