Powered By Blogger

Kamis, 12 Juli 2012

Calon Perseorangan Butuhkan 400 Ribu KTP


MAKASSAR, FAJAR--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memperkirakan jumlah dukungan KPT calon perseorangan di pilgub Sulsel mendatang berkisar 400 ribu KTP. Asumsi ini ketika jumlah penduduk berada di kisaran 9-10 juta jiwa.
"Kita sudah peroleh data sementara dari pemprov mengenai jumlah penduduk di Sulsel yakni sekitar 9-10 juta jiwa. Dengan keharusan harus mendapat dukungan 4 persen, berarti dukungan KTP yang diperlukan calon independen sekitar 380 ribu sampai 400 ribu. Namun kita harap calon yang ingin maju independen untuk mempersiapkan KTP hingga 600 ribu," kata anggota KPU Sulsel, Ziaurrahman, Rabu, 11 Juli.
Anggota KPU dan staf KPU se-Sulsel saat ini mulai mempersiapkan diri melakukan pemutakhiran data pemilih serta verifikasi dukungan calon perseorangan, dengan menggelar training of trainer (TOT) di Hotel Singgasana. TOT ini akan
Sejauh ini, memang belum ada tokoh yang terang-terangan akan bertarung melalui jalur independen. Pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na) yang disebut-sebut akan maju lewat jalur independen mengingat dukungan parpol berat, hingga saat ini belum pernah melakukan komunikasi dengan KPU Sulsel. Tim Garuda-Na memang sejauh ini mengaku tidak pernah memikirkan maju melalui jalur independen dan tetap yakin diusung partai politik.
"Jadi kalau dari Rudiyanto atau timnya, setahu saya belum ada komunikasi dengan KPU. Pastinya, pemasukan dukungan calon perseorangan diperkirakan sudah dilakukan pada Agustus mendatang," kata Ziaurrahman.
Dalam waktu dekat, KPU Sulsel segera melakukan sosialisasi persyaratan dukungan calon perseorangan. KPU akan mempersiapkan blanko format dukungan yang diperlukan calon independen. "Kalau ada calon independen yang komunikasi dengan kita, saat sosialisasi blanko sudah bisa kita berikan termasuk jumlah dukungan yang diperlukan," tambahnya. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar