Powered By Blogger

Jumat, 06 Juli 2012

Tes Kesehatan Cabup-Cawabup Takalar 14 Juli


MAKASSAR, FAJAR--Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel dan KPU Takalar telah menyepakati jadwal pemeriksaan kesehatan pasangan cabup-cawabup Takalar. Jika tidak ada halangan melintang, tes kesehatan cabup-cawabup Takalar akan digelar pada 14 Juli mendatang.
Sebelum digelar tes kesehatan cabup-cawabup Takalar yang akan bertarung di pemilukada Takalar 2013 mendatang ini dilakukan, IDI Sulsel terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi dan pengarahan kepada pasangan cabup-cawabup pada Sabtu, 14 Juli di kantor IDI Sulsel, Boulevard Makassar.
Sosialisasi dengan pasangan cabup-cawabup ini dilakukan IDI dan KPU Takalar dalam rangka memberikan pemahaman kepada kandidat, mengenai hal-hal yang perlu disiapkan saat menghadapi tes kesehatan berlangsung. Tes pemeriksaan kandidat ini akan berlangsung di RS Wahidin Makassar.
Berdasar koordinasi yang dilakukan IDI Sulsel ke KPU Takalar, proses pemeriksaan kesehatan pasangan cabup-cawabup Takalar ini hanya akan berlangsung sehari. Kalau sebelum-sebelumnya kandidat digilir karena keterbatasan peralatan, maka pemeriksaan cabup-cawabup Takalar hanya diagendakan satu hari. Itu karena fasilitas yang dimiliki RS Wahidin sudah memadai serta sudah lebih dari satu fasilitas yang dibutuhkan untuk pemeriksaan kesehatan ini.
"Menurut IDI Sulsel fasilitas yang dibutuhkan memeriksa kesehatan calon sudah banyak begitu juga ruangannya. Jadi hanya sehari pemeriksaan cabup-cawabup sudah bisa dituntaskan," kata anggota KPU Takalar, Jussalim, Kamis, 5 Juli.
Untuk mendukung pemeriksaan kesehatan ini, IDI Sulsel melibatkan sedikitnya 30 orang dokter yang sebagian besar dokter spesialis. Dengan jumlah dokter ini, IDI menjamin proses pemeriksaan kesehatan cabup-cawabup Takalar berlangsung sehari. Tes kesehatan cabup-cawabup ini dibutuhkan untuk memastikan calon yang akan bertarung di Takalar sehat jasmani dan rohani.
"Untuk menjadi seorang bupati dan mengembang amanah rakyat itu kan perlu sehat jasmani dan rohani. Itu sudah menjadi standar kesehatan calon pemimpin. Termasuk bagaimana psikologi seorang calon," kata Jussalim.
Dalam pemeriksaan kesehatan ini, KPU Takalar tidak ingin ada rekomendasi IDI Sulsel yang disertai catatan. "Biasanya kan pemeriksaan kesehatan itu rekomendasinya ada catatan-catatan. KPU sudah sampaikan ke IDI bahwa yang dibutuhkan adalah sehat jasmani dan rohani, jadi tidak ada lagi istilah catatan-catatan," tegas Jussalim. (hamsah umar)        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar