Powered By Blogger

Rabu, 01 Agustus 2012

Cari Wakil, Muslimin Pertimbangkan Geopolitik


MAKASSAR, FAJAR--Faktor geopolitik dalam pemilukada daerah masih sangat berpengaruh dalam mendapatkan simpati dan dukungan besar masyarakat. Calon kepala daerah pun selalu menjadikan isu geopolitik sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pasangan.
Ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menentukan pasangan calon di daerah penghasil salak ini. PAN yang hampir pasti mengusung Ketua DPD PAN Enrekang, Muslimin Bando juga menyarankan agar tokoh yang saat ini berada di urutan teratas survei mencari pendamping yang mewakili faktor geopolitik.
Kendati sejauh ini belum banyak nama yang mengemuka mengenai tokoh yang ideal menjadi cawabup Muslimin, elit PAN baik di Enrekang maupun DPW Sulsel sudah mulai serius memikirkan tokoh yang akan dipaketkan dengan Muslimin. PAN memang pantas lebih fokus memikirkan cawabup mengingat Muslimin yang menjadi runner up pemilukada Enrekang lalu itu saat ini paling diunggulkan memenangkan pemilukada Enrekang 2013 mendatang.
"Menurut saya, Muslimin harus mempertimbangkan geopolitik. Kalau mau mencari pasangan, mungkin sebaiknya beliau berpasangan dengan figur yang berasal dari kota Enrekang, Maiwa," saran Sekretaris Umum DPW PAN Sulsel, Buhari Kahar Mudzakkar, Senin, 30 Juli.
Buhari mengapresiasi sikap Muslimin yang mulai membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh Enrekang yang menyatakan siap bertarung di Enrekang, khususnya mengenai wacana calon pendampingnya. Langkah ini cukup tepat, paling tidak calon memiliki waktu lebih banyak untuk bersosialisasi pada saat sudah berpasangan. "Sangat wajar Pak Muslimin mulai mewacanakan wakil yang tepat bersamanya," cetus Buhari.
Buhari menyebut, PAN sudah membentuk Tim Pilkada DPD PAN Enrekang yang disiapkan untuk menjaring cabup-cawabup PAN Enrekang. Buhari berharap penjaringan calon sudah dilakukan.
Pastinya, PAN Sulsel menyebutkan bahwa Ketua DPD PAN Enrekang hampir pasti diusung PAN di pemilukada daerah ini. Selain sebagai pimpinan partai, apresiasi dan dukungan masyarakat Enrekang terhadap kader PAN ini juga besar. Hal ini tentu saja seiring dengan hasil survei yang selalu menempatkan dirinya di urutan teratas.
Sejauh ini, salah satu tokoh yang pernah mencuat sebagai tokoh yang layak mendampingi Muslimin adalah Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Enrekang, Chaerul Latanro. Kendati Chaerul sejauh ini bertekad maju sebagai calon bupati Enrekang. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar