Powered By Blogger

Rabu, 04 Juli 2012

Anggaran Panwaslu Masuk APBD-P


*Birokrasi Pencairan Tiga Tahapan

MAKASSAR, FAJAR--Anggota panwaslu Sulsel bakal dilanda kegalauan. Musababnya, anggaran panwaslu yang akan diberikan Pemprov Sulsel dalam bentuk hibah dikabarkan baru akan disediakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2012.
Dengan demikian, anggaran operasional panwaslu Sulsel baru bisa dicairkan akhir 2012 mendatang sementara tahapan pilgub sudah mulai. Sejumlah agenda yang perlu diselesaikan panwaslu juga sudah menanti. Alokasi anggaran pilgub ini menjadi simpan siur karena sebelumnya Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sulsel menyebut anggaran panwaslu sudah disiapkan APBD 2012 sebesar Rp50 miliar.
"Kami juga tidak memahami pasti bagaimana itu penganggaran, karena informasi yang diberikan pemprov kepada kami belum ada yang tersedia dan baru akan masuk di APBD-P. Tapi panwaslu tetap mengajukan permohonan pencairan anggaran ke pemprov," ujar anggota Panwaslu Sulsel, Anwar, Selasa, 3 Juli.
Sebelumnya, Ketua Bawaslu Dr Muh Alhamid mengaku prihatin dengan proses penganggaran untuk hibah panwaslu Sulsel, apalagi setelah mendapat laporan anggaran lembaga pemilu ini baru akan disiapkan di APBD-P. Sudah alokasi anggaran kecil, proses yang ditetapkan pemprov pun lamban. Sementara KPU Sulsel sudah mendapat persetujuan anggaran bahkan saat ini dalam proses pencairan di Bagian Keuangan Pemprov Sulsel.
Meski penyampaian yang disampaikan pemprov Sulsel yang menyebut anggaran panwaslu baru akan disediakan pada APBD-P Sulsel, Anwar tetap berharap pemprov dalam waktu dekat bisa mencairkan anggaran untuk lembaga ini, apalagi saat ini operasional panwaslu harus ditalangi dengan cara berutang.
Proses pencairan anggaran hibah untuk pilgub Sulsel sendiri terbilang birokratis dan harus melalui berbagai tahapan. Ini sudah dialami KPU Sulsel kendati anggarannya sampai saat ini belum cair. Birokrasi pertama yang harus dilalui adalah telaah di Biro Umum dan Perlengkapan, kemudian Biro Keuangan, kemudian persetujuan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.
Setelah melalui tiga tahapan itu, baru akan dibuatkan kuitansi pencairan di Biro Keuangan. Nanti setelah dianggap lengkap, proses pencairan baru bisa dilakukan di Bank Sulsel. "Saat ini pengusulan pencairan anggaran KPU Sulsel sudah di Keuangan. Mungkin sudah tidak lama lagi cair," kata Sekretaris KPU Sulsel, Annas GS. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar