Powered By Blogger

Senin, 09 Juli 2012

Cabup Disarankan Puasa Berhubungan Intim


*Tes Kesehatan 14 Juli

MAKASSAR, FAJAR--Tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan cabup-cawabup Takalar, mengaku 100 persen sudah siap melakukan pemeriksaan kesehatan kepada tujuh pasangan cabup-cawabup Takalar, Sabtu, 13 Juli.
Sebelum menjalani tes kesehatan ini calon disarankan untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Bahkan persiapan yang harus dilakukan kandidat cukup serius misalnya harus puasa delapan jam sebelum pemeriksaan dilakukan. "Jadi karena pemeriksaan dijadwalkan pukul 07.00 Wita, maka tidak boleh lagi makan pukul 22.00 Wita pada malam sebelum pemeriksaan," tandas Sekretaris Tim Pemeriksa Kesehatan Cabup-Cawabup Takalar, dr Heru, akhir pekan lalu.
Untuk cabup perempuan, persiapan yang dilakukan harus lebih ketat lagi. Heru menyebutkan calon perempuan tidak boleh melakukan hubungan imtim dengan suaminya paling tidak satu minggu sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan. "Tapi karena kita baru sosialisasi pada 11 Juli, maka saat itu juga sudah tidak boleh lagi ada hubungan intim," imbuh Heru.
Dia menyebut, ketika melakukan hubungan imtim dikhawatirkan akan berpengaruh pada hasil pemeriksaan laboratorium pada sampel mulut rahim kandungan, sehingga ada peluang terjadi kesalahan dalam membaca hasil pemeriksaan laboratorium.  apalagi orang yang melakukan pemeriksaan adalah dokter yang berbeda dengan yang melakukan pemeriksaan di laboratorium. Untuk pemeriksaan yang dijadwalkan berlangsung Sabtu, 14 Juli ini, IDI Sulsel menyiapkan setidaknya 42 dokter ahli dari 14 keahlian berbeda.        
Seperti harapan KPU Takalar, Heru juga menandaskan bahwa apa yang menjadi harapan penyelenggara pemilu itu akan dipenuhi. Pihaknya tidak akan memberikan catatan dalam memberikan kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan calon. "Karena yang harus jadi bupati memang adalah orang yang punya kapasitas yang ditunjang kesehatan," katanya.
Salah seorang calon bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin yang berpasangan dengan Natsir Ibrahim menyatakan sudah siap fisik dan mental menghadapi tes kesehatan yang akan dilakukan pada Sabtu, 14 Juli mendatang. Bur yang sebelumnya sudah pernah menjalani pemeriksaan kesehatan juga sudah cukup memahami yang yang mesti dipersiapkan.
"Tentu kalau dikatakan siap kita selalu mempersiapkan diri dengan baik. Insya Allah proses pemeriksaan kesehatan ini bisa kita lalui dengan baik, sehingga tahapan yang harus kita jalani ini bisa kita lalui," kata Burhanuddin. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar