Powered By Blogger

Rabu, 14 November 2012

Biaya Debat Pilgub Rp580 Juta


MAKASSAR, FAJAR--Acara debat tiga calon gubernur Sulsel yang dijadwalkan berlangsung Januari 2013 mendatang, bakal menelan biaya debat setengah miliar tepatnya Rp580 juta.
Alokasi anggaran debat ini disiapkan oleh KPU Sulsel dan dalam waktu dekat akan dilakukan proses tender, untuk menentukan pihak ketiga yang akan menggelar acara debat ini. Biaya debat pilgub ini harus ditender secara terbuka karena jumlahnya di atas Rp200 juta.
Kapala Bagian Hukum Teknis dan Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang menjelaskan, biaya debat pilgub yang disiapkan sebesar Rp580 juta ini untuk persiapan minimal tiga kali debat. Alokasi anggaran ini sudah termasuk biaya konsumsi, sewa tempat, biaya pengamanan dan komponen pembiayaan lainnya.
Begitu juga, sudah termasuk alokasi anggaran untuk penyiaran langsung  televisi nasional dan televisi lokal. "Debat cagub Sulsel itu harus ada siaran langsung televisi nasional begitu juga lokal. Jadi Rp580 juta ini sudah termasuk siara langsung debat melalui media elektronik," kata Asrar.
Asrar menyebut, proses tender biaya debat cagub Sulsel ini sudah harus dilakukan tender pada November ini. Pasalnya, KPU sudah harus memastikan siapa pihak ketiga yang berhak atau memenangkan tender debat cagub ini paling lambat pertengahan Desember mendatang. Itu karena, pelaksana debat ini sudah harus mempersiapkan segalanya terutama mengenai gedung yang akan digunakan sebagai tempat menggelar debat kandidat.
Selama ini, KPU Sulsel banyak mewacanakan untuk menggelar debat cagub Sulsel diluar Sulsel, jika sekiranya kondisi keamanan di daerah ini tidak kondusif atau tidak refresentatif untuk digelar di Makassar. Kendati, KPU tetap berkeyakinan debat cagub Sulsel ini tetap akan dilakukan di Makassar, apalagi sejumlah pihak seperti perguruan tinggi sudah menawarkan diri untuk mengfasilitasi debat cagub tersebut. Bahkan, PT Media FAJAR juga siap memfasilitas debat cagub Sulsel tersebut.
Pastinya, KPU menyebut bahwa lokasi pelaksanaan debat cagub Sulsel ini juga akan mempertimbangkan kemampuan dana yang disiapkan oleh KPU Sulsel. Selain soal kemampuan dana, situasi gedung yang refresentatif juga menjadi pertimbangan utama KPU dalam menentukan tempat pelaksanaan debat cagub Sulsel. (hamsah umar)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar