Powered By Blogger

Selasa, 27 November 2012

IA Bebas Kembalikan Jiwa Enterpreneurship


MAKASSAR, FAJAR--Pasangan cagub Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) mengklaim, salah satu item program IA Bebas akan mengembalikan jiwa enterpreneurship warga Sulsel ke depan.
Program yang diklaim akan mengembalikan jiwa usahawan Sulsel ini yakni jaminan kredit bagi pelajar, Mahasiswa dan pemuda. Pasangan urut 1 ini menjelaskan, salah satu tujuan program ini diluncurkan memang untuk mengembalikan jiwa entrepreneurship di Sulsel.
Kalau perlu, melalui program ini, akan lahir enterpreneurship yang sudah berkibar baik nasional dan internasional seperti  HM Jusuf Kalla, HM Aksa Mahmud, HM Alwi Hamu, Syamsuddin Dg Mangawing, La Tunrung, Zaenal Tayeb dan sederet nama lainnya.
Representasi bakat alam Sulsel yang memiliki jiwa entrepreneurship tidak diragukan lagi. Kemandirian dan semangat usaha warga Sulsel telah mewarnai jagat raya bisnis di Indonesia. Bahkan sudah menjadi trade mark pengusaha di Indonesia. Sulsel boleh dikatakan sebagai salah satu benchmarking pebisnis di Indonesia.
"Pemerintah harus berkomitmen untuk mentranfer semangat wirausaha ini sehingga dapat menjiwai bisnis pengembangan potensi Sulsel. Pemerintah harus memiliki keberpihakan dan komitmen yang jelas untuk mendorong lahirnya pengusaha muda yang tangguh," kata jubir IA, Selle KS Dalle.
Kesulitan utama kaum pelajar, mahasiswa dan pemuda adalah modal dan akses. Inilah yang menjadi sasaran program IA Bebas dengan memberikan jaminan kredit dan membuka akses bagi pemasaran produk pelajar, mahasiswa dan pemuda. Komitmen ini akan menjiwai struktur kebijakan pemerintah IA ketika terpilih jadi gubernur.
Jiwa entrepreneur (wira usaha) di Sulsel saat ini tidak berkembang dengan baik, terutama karena komitmen pemerintah yang belum optimal. Untung saja masih ada komitmen kelembagaan seperti Kadin, HIPMI, serta komitmen personal dari wirausahawan yang mau mengakomodasi pengembangan wirausaha muda.
"Sudah saatnya diberikan affirmative actions untuk mendorong semangat wirausaha baru muncul, dan menjadi kekuatan penggerak pembangunan untuk sulsel yang lebih sejahtera. Program IA Bebas sudah mengcover semangat ini. Pelajar, mahasiswa dan pemuda adalah pusat embrio wirausaha," tambahnya.
Banyak bakat, talenta dan naluri bisnis yang belum terarah dan berkembang karena kesulitan modal dan akses. IA akan mewujudkan dan mengatasi masalah problem yang menjadi keluhan selama ini. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar