Powered By Blogger

Rabu, 21 November 2012

KPU Jemput Daftar Kekayaan Cagub di KPK


MAKASSAR, FAJAR--Jumlah kekayaan tiga pasangan cagub yang bertarung di pilgub Sulsel 22 Januari 2013, diagendakan diumumkan KPU Sulsel, Jumat, 23 November.
KPU Sulsel telah mengutus Ketua Devisi Teknis Pemilu, Ziaur Rahman Mustari untuk menjemput hasil analisasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait laporan kekayaan cagub Sulsel. Rabu, 21 November Ziaur Rahman diagendakan ke kantor KPU mengambil daftar kekayaan cagub tersebut.
"Tadi siang Pak Ziaur Rahman sudah kita utus ke KPU. Kita tentu berharap besok daftar kekayaan ini sudah bisa dikeluarkan KPU. Selanjutnya kita akan panggil tim pasangan calon untuk umumkan jumlah kekayaan ketiga pasangan calon ini," kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas, Selasa, 20 November.
Daftar kekayaan pasangan cagub tersebut masing-masing Ilham Arief Sirajuddin- Aziz Qahar Mudzakkar (IA), Syahrul Yasin Limpo - Agus Arifin Nu'mang (Sayang) dan Andi Rudiyanto Asapa - Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na). Kendati belum ada data resmi dari KPU, dari enam tokoh Sulsel ini, cagub Rudiyanto berada diurut pertama tokoh terkaya dan Aziz Qahhar  termiskin.
Ziaur Rahman terpisah mengakui sudah ada surat dari KPU mengenai hasil analisasa daftar kekayaan cagub ini. Makanya, untuk memastikan angka pastinya, KPU memutuskan menjemput hasil analisa KPU tersebut. "Surat sudah ada, tapi tidak jelas. Ini persoalan angka. Jadi harus jelas. Tidak boleh multitafsir apa lagi sampai salah," kata Ziaur Rahman.
Terkait daftar kekayaan cagub ini, yang memiliki wewenang mengumumkan adalah calon sendiri, tapi KPU bisa memfasilitasi kandidat maupun timnya untuk mengumumkannya. Pengumuman daftar kekayaan ke publik ini harus dilakukan sebelum memasuki masa kampanye. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar