Powered By Blogger

Kamis, 29 November 2012

KPU Diminta Perbanyak Sosialisasi Pilgub


MAKASSAR, FAJAR--Tingkat partisipasi masyarakat Sulsel di pilgub 2007 yang terbilang rendah diharapkan tidak berulang di pilgub kali ini. KPU Sulsel diminta memperbanyak sosialisasi, termasuk memperkenalkan tiga cagub yang bertarung.
Saat ini, KPU Sulsel hanya banyak melakukan sosialisasi mengenai jadwal pelaksanaan pilgub yakni 22 Januari 2013. Cara sosialisasi yang dilakukan ini cukup menjanjikan partisipasi masyarakat di pilgub kali ini akan lebih tinggi dari pilgub sebelumnya.
"Yang banyak dilakukan KPU saat ini hanya menyosialisasikan jadwal pencoblosan pada 22 Januari mendatang. Mestinya, kalau alasan untuk meningkatkan partisipasi pemilih, mestinya KPU juga menyosialisasikan tiga cagub Sulsel ini. Supaya, masyarakat Sulsel tahu betul siapa calonnya karena itu bisa mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya," kata Direktur Insert Eksekutif, Muhammad Aris, Rabu, 28 November.
Kalau perlu, KPU melakukan sosialisasi cagub Sulsel dengan memasang gambar ketiga pasangan cagub Sulsel ini, hingga tingkat bawah seperti kantor KPU, PPK, PPS dan tempat umum lainnya. Ini dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih calon yang bertarung di Sulsel.
Karena bisa jadi, masih banyak warga Sulsel yang belum tahu siapa saja calon gubernur yang akan bertarung di daerah ini. "KPU jangan hanya sosialisasi soal waktu, tapi yang juga penting memperkenalkan tiga pasangan ini di masyarakat, kalau perlu termasuk parpol pengusungnya," papar Aris.
Aris berasumsi, jika sosialisasi dilakukan KPU dengan metode seperti ini, partisipasi pemilih di Sulsel mendatang akan lebih maksimal. "Itu adalah tugas KPU. Penyelenggara pemilu mesti cakap membuat banyak orang mau menyalurkan suaranya," sebut Aris. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar