Powered By Blogger

Selasa, 27 November 2012

Garuda-Na Target Sulsel Mandiri Pangan


MAKASSAR, FAJAR--Masyararakat Sulsel yang sebagian besar adalah petani membuat pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na), menargetkan Sulsel mandiri pangan. Pasangan urut 3 ini ingin mengembalikan citra Sulsel sebagai provinsi lumbung pangan.
Tim Media Garuda-Na, Marwan Husain menyatakan bahwa target mandiri pangan yang digagas Garuda-Na ini, merupakan salah satu dari tiga misi utama pasangan ini. Dimana misi Garuda-Na adalah menjadikan Sulsel Terdepan, Mandiri, dan Mapan (TAMPAN).
"Mandiri yang kita maksud di sini adalah mandiri dalam hal ketersediaan pangan. Sulsel boleh mengatakan sebagai daerah penghasil beras, tapi ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat tidak merata, sehingga kita belum bisa mandiri dalam hal pangan. Masih banyak masyarakat Sulsel yang sangat sulit memenuhi kebutuhan pangannya," kata Marwan.
Garuda-Na kata Marwan akan mendasari Sulsel sebagai koridor pangan nasional dalam kemandirian pangan. Salah satu caranya dengan membuat  Master Plant Percepatan Peluasan Ekonomi Indonesia (MP3I). Dengan sistem ini, Sulsel akan menjadikan pembangunan menumpu pada pangan.
Ketika pasangan ini terpilih sebagai gubernur, Garuda-Na akan mengusulkan ke pusat untuk menjadikan daerah ini sebagai lumbung pangan nasional. Sehingga Sulsel akan siap jadi seksi konsumsi penyedia maupun pemasok pangan nasional untuk kelangsungan pangan di Indonesia.
Untuk menjadikan Sulsel mandiri pangan, sektor pembangunan pertanian memang harus menjadi prioritas pemerintah. Begitu juga perikanan, perkebunan, maupun sektor industri rumah tangga. Program pembangunan ekonomi harus berkesinambungan. Karena mandiri pangan tidak hanya bertumpu pada pertanian tapi juga sektor ekonomi lainnya.
Sementara, gagasan tim Garuda-Na melakukan sayembara tulisan dan foto tentang pangan akan diperpanjang hingga Desember mendatang. Sejuah ini tulisan masyarakat Sulsel tentang pangan, begitu juga foto masih terbatas. "Selain itu, kita ingin memberi kesempatan yang luas kepada seluruh warga Sulsel untuk berpartisipasi dalam sayambara ini," kata Anwar Halim.
Sayembara pangan ini berisi tentang kondisi pangan Sulsel saat ini, kendala yang dihadapi, berbagai keluhan, serta harapan bagaimana pangan Sulsel ke depan. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar