Powered By Blogger

Jumat, 23 November 2012

Kekayaan Cagub Bisa Bertambah


MAKASSAR, FAJAR--Angka pasti besarnya kekayaan tiga pasangan cagub Sulsel, baru akan diketahui publik, Jumat, 23 November. Masing-masing tim akan menyampaikan jumlah kekayaan calonnya di kantor KPU Sulsel.
Kendati dari tiga calon yang ada, predikat Andi Rudiyanto Asapa sebagai cagub terkaya dan Aziz Qahhar Mudzakkar sebagai cawagub termiskin dipastikan tidak bergeser. Itu jika berdasar laporan harta kekayaan yang dilaporkan masing-masing kandidat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
"Tapi kan apa nilai dari daftar kekayaan yang dilaporkan ke KPK itu akan sama dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh KPU. Jadi bisa saja jumlah kekayaan calon ini bertambah atau sebaliknya setelah diteliti oleh KPK," kata Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari, Kamis, 22 November.
Seperti informasi yang berkembang, kekayaan Rudiyanto mencapai Rp33 miliar, Syahrul 12 miliar, dan Ilham 11 miliar. Namun sekali lagi, jumlah tersebut bisa saja bertambah setelah dilakukan penelitian KPK. Misalnya saja mengenai harga tanah yang terus meningkat nilainya, yang memungkinkan nilai harta kekayaan cagub ini akan bertambah.
Pastinya, KPU Sulsel belum berani menyebut angka pasti kekayaan ketiga cagub Sulsel ini. Kendati sudah ada di tangan, namun KPU tidak mau membuka daftar kekayaan tiga pasangan cagub itu. "Ini juga menyangkut citra KPU di mata kandidat. Mereka yang kita undang untuk membacakan sendiri jumlah kekayaan calonnya, sehingga tidak mungkin kita yang buka lebih awal," kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas.
Sesuai rencana, KPU Sulsel akan memfasilitas masing-masing tim cagub untuk mengumumkan daftar kekayaan calonnya di kantor KPU Sulsel, Jumat, 23 November pukul 14.00 Wita. "Sehingga berapa angka pastinya nanti besok baru kita tahu," lanjut Jayadi. (hamsah umar)              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar