Powered By Blogger

Kamis, 22 November 2012

IA Bebas Solusi Kebutuhan Dasar


*Warga di Daerah Penasaran

MAKASSAR, FAJAR--Sembilan program bebas yang digagas pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), adalah solusi berbagai kebutuhan dasar masyarakat Sulsel.
Asumsi ini disampaikan pengamat politik UIN Makassar, Dr Firdaus Muhammad. "Program tersebut tentunya menguntungkan secara politik. Dasarnya, respons masyarakat cukup tinggi dan dianggap sebagai solusi kebutuhan masyarakat," kata Firdaus, Rabu, 21 November.
Firdaus menambahkan, peluncuran program IA Bebas yang dikemas dalam satu kartu bernama Kartu Semangat Baru memiliki nilai jual politik tinggi. Dua hari terakhir, jumlah warga Makassar yang mendatangi sekretariat Media Centre (MC) IA sudah mencapai 30 ribu orang. Pembagian kartu ini dilakukan berbasis kepala keluarga (KK), bukan berdasarkan orang per orang.
Program riil yang ditawarkan IA ini disebut akan lebih mudah diterima oleh masyarakat Sulsel. "Tapi harus dibaca bahwa program tersebut merupakan kemasan politik untuk meningkatkan elektabilitasnya. Untuk realisasinya masyarakat bisa membandingkan program Ilham di Makassar," lanjut Firdaus.
Pengamat Politik Unhas, Dr Hasrullah mengapresiasi Kartu Semangat Baru yang ditawarkan IA bagi masyarakat Sulsel. Menurutnya, kandidat gubernur sudah semestinya adu program bukan adu kekuatan massa, adu pasang baliho atau pun adu isu negatif.
"Saya dengan menawarkan program kepada masyarakat, itu akan memberi pencerahan politik bagi masyarakat. Tinggal warga melihat mana program yang ditampilkan kandidat rasional," kata Hasrullah.
Setelah mengamati Kartu Semangat Baru yang diluncurkan IA, Hasrullah menyebut IA Bebas ini juga sekaligus bisa menjadi kontrak politik bagi masyarakat Sulsel. "Itu semacam kontrak politik antara pemimpin dengan masyarakatnya. Jadi ini tidak jualan kampanye, tapi harus betul-betul direalisasikan saat terpilih nanti. Sekiranya tidak direalisasikan, maka itu akan jadi efek di belakang hari," ucap Hasrullah.
Hasrullah menyebut, masyarakat Sulsel tidak sekadar butuh program, tapi realisasi dari program yang ditawarkan lebih penting. "Misalnya bagaimana membangun IPM di Sulsel ini tidak bisa ditawar dengan program tapi memang butuh realisasi. Apakah itu dari pendidikan dan kesehatan," sebut Hasrullah.
Jubir IA, Selle KS Dalle terpisah menandaskan bahwa masyarakat Sulsel penasaran dengan 9 program bebas pasangan urut 1 ini. Buktinya, sejumlah masyarakat mulai mempertanyakan Kartu Semangat Baru ini ke sejumlah tim pemenangan IA di 24 kabupaten/kota di Sulsel.
"Tim-tim dari kabupaten/kota sudah mendesak kita agar kartu ini didistribusikan ke daerah. Mereka ternyata juga sudah didesak warga yang ingin secepatnya mendapatkan kartu ini," kata Selle.
Selle menyebut, tadi malam tim IA baru melakukan rapat membahas teknis pendistribusian kartu IA Bebas. Dia mengaku, distribusi kartu itu tidak bisa dilakukan begitu saja, tapi harus memastikan bahwa informasi mengenai 9 program yang ditawarkan IA ini benar-benar bisa dipahami oleh masyarakat. "Kalau sekadar mau distribusi, sehari saja sudah habis. Yang kita inginkan kartu ini sampai dan masyarakat juga paham dengan benar program kita," sebut Selle. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar