Powered By Blogger

Selasa, 20 November 2012

IA Luncurkan Kartu Semangat Baru Bebas


MAKASSAR, FAJAR--Baru berstatus sebagai cagub Sulsel tidak menghalangi pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), meluncurkan Kartu Semangat Baru Bebas.
IA bebas ini terdiri dari sembilan layanan publik yang sangat mendasar, yang bisa dinikmati masyarakat Sulsel secara bebas setelah mengantongi Kartu Semangat Baru. Launching IA bebas ini dilakukan Ilham-Aziz di Pelabuhan Paotere Makassar, Senin, 19 November.
Peluncuran Kartu Semangat Baru oleh cagub urut 1 ini dihadiri ratusan masyarakat nelayan serta warga yang ada di sekitar pelabuhan Paotere. Saat launching berlangsung, ratusan warga mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu IA bebas tersebut. Beberapa tokoh masyarakat Sulsel seperti Zohra A Baso, Efendi Gosal dan tokoh masyarakat lainnya turut hadir pada saat peluncuran kartu IA bebas.
Dengan memegang Kartu Semangat Baru itu, masyarakat Sulsel akan mendapatkan sembilan pelayanan dasar secara gratis. Di antara program itu ada yang sudah diterapkan di Makassar serta gagasan baru yang akan dilakukan ketika terpilih jadi gubernur 2013 mendatang.
Kartu IA Bebas ini meliputi bebas biaya kesehatan dasar, persalinan, dan uang jaminan perawatan rumah sakit; bebas biaya administrasi kependudukan (KK, KTP, Akta Kelahiran dan Akta Nikah), bebas biaya pendidikan hingga SMA/SMK sederajat, bebas biaya angkutan anak sekolah, bebas biaya bibit (pertanian, peternakan, dan perikanan), bebas biaya sertifikasi lahan produktif, bebas jaminan biaya kredit usaha untuk pelajar, pemuda, dan mahasiswa, bebas biaya bantuan hukum bagi masyarakat, dan bebas biaya ambulans dan pemakaman.
Saat launching Kartu Semangat Baru, Ilham menyatakan sembilan bebas merupakan program kebijakan IA ketika terpilih 2013. "Layanan publik yang memadai merupakan komitmen kami, dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hak dasar masyarakat. Semua ini harus dinikmati oleh masyarakat Sulsel," kata Ilham.
Di Sulsel saat ini, kelompok masyarakat marginal dan miskin masih banyak yang mengeluhkan pelayanan hak dasar yang seharusnya dirasakan. Makanya, dengan kartu IA bebas itu, masyarakat akan mendapatkan jaminan pelayanan secara gratis misalnya untuk kesehatan, persalinan dan semacamnya.
"Saya sering mendapat laporan dari masyarakat kalau masyarakat dikenakan biaya dari ambulans Iasmo. Saya telusuri ternyata itu kalau yang mau diantar harus keluar Makassar. Saya katakan bahwa ambulans Iasmo bebas itu hanya di Makassar sehingga kalau ada yang harus keluar dari Makassar konsekuensinya harus ada pembayaran. Persoalan itu tidak akan terjadi lagi kalau masyarakat Sulsel memberi kami kepercayaan 2013 nanti," kata Ilham.
Aziz menambahkan, dipilihnya pelabuhan Paotere sebagai lokasi launching Kartu Semangat Baru karena sebagai simbol kepedulian IA pada masyarakat miskin dan terpinggirkan. Nelayan saat ini masih tergolong masyarakat terpinggirkan.
"Tapi Kartu Semangat Baru ini hanya berlaku kalau kami terpilih jadi gubernur 2013 nanti. Jadi jangan biarkan kartu yang anda pegang ini akan dibuang ke tempat sampah. Dan masyarakat Sulsel saya kira tidak rela kartu ini hanya disimpan di tempat sampah," kata Aziz.
Senada Efendi Gosal menyatakan Kartu IA Bebas ini merupakan terobosan yang sangat bagus dan akan bermanfaat luas di tengah masyarakat. Dia menyebut dengan kartu ini, masyarakat Sulsel akan merasakan program yang riil.
"Kita selalu katakan Sulsel surplus beras dua juta ton. Jangan mau percaya angka-angka itu. Juga selalu katakan angka miskin turun. Benar memang menurun pada anak dan cucu-cucu kita. Dia terus miskin," ujuar Efendi sedikit bergurau. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar