Powered By Blogger

Kamis, 15 November 2012

Rekap Pemilih Tambahan Baru di PPS-PPK


MAKASSAR, FAJAR--Berapa jumlah daftar pemilih tambahan (DPTB) pilgub Sulsel 2013 belum bisa diketahui publik Sulsel. Saat ini, rekap DPTB baru di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).
Sesuai tahapan yang telah ditetapkan KPU Sulsel, pencatatan dan penetapan pemilih tambahan di tingkat PPS-PPK ini akan berlangsung hingga 16 November. Sedang untuk penetapan DPT di PPS dan PPK dijadwalkan berlangsung 18-19 November.
"Kalau untuk tingkat KPU kabupaten/kota, penetapan DPT dijadwalkan berlangsung 23 November sedang untuk KPU Sulsel akan digelar 27 November," kata Ketua Devisi Teknis Pilkada KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari, Rabu, 14 November.
Terhadap pemilih tambahan, KPU Sulsel menyarankan kepada kandidat maupun timnya untuk melakukan koordinasi langsung dengan penyelenggara di tingkat KPU kabupaten/kota maupun PPK dan PPS. Ini untuk memudahkan seperti apa jumlah pemilih tambahan pada setiap kabupaten di Sulsel. KPU Sulsel sejauh ini belum memiliki data berapa banyak jumlah pemilih tambahan di 24 kabupaten/kota, termasuk jumlah pemilih tambahan dari kabupaten/kota yang telah mengajukan TPS tambahan.
Ziaur menyebut, hingga tahapan rekapitulasi pemilih tambahan di tingkat PPS-PPK berlangsung, belum ada tahapan yang bergeser. Sehingga KPU Sulsel yakin tahapan pilgub yang telah dirancang KPU ini akan berjalan sesuai jadwal yang sudah ada.
Memang, daerah yang mengajukan TPS tambahan harus direpotkan dengan penataan ulang daftar pemilih di desa/kelurahan yang akan ditambah TPS-nya. Namun, hal ini tidak akan menghambat kerja penyelenggara pemilih dalam merampungkan daftar pemilih tambahan untuk kemudian ditetapkan menjadi DPT.
Untuk penetapan DPT pilgub Sulsel yang akan digelar 27 November mendatang, Ziaur menyebut KPU Sulsel akan melibatkan tiga cagub Sulsel untuk menghadiri pleno terbuka penetapan DPT Sulsel ini.
Ketua KPU Bulukumba, Arum Spink yang dikonfirmasi terpisah mengakui kalau jumlah pemilih tambahan di daerah ini belum diketahui secara pasti karena masing-masing PPS dan PPK baru sementara melakukan rekap. Dia juga optimis proses penetapan DPT sesuai yang dijadwalkan KPU tidak akan bergeser di daerah ini.
"Yang merepotkan kita di KPU kabupaten karena kita harus bekerja ganda. Selain harus melakukan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu, proses verifikasi DPS dan rekap DPTB juga kita kerjakan. Tapi semua itu tetap berjalan sebagaimana mestinya," sebut Arum Spink. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar