Powered By Blogger

Kamis, 22 November 2012

Penghargaan Berarti Ketika Rakyat Ikut Menikmati


*Sepuluh Penghargaan Terbaik Ilham Arief Sirajuddin


DIAKUI atau tidak, penghargaan atas kinerja yang dicapai dalam mengurus pemerintahan memiliki arti dan nilai tersendiri.

HAMSAH
INI juga dirasakan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin yang telah meraih 153 penghargaa selama memimpin Makassar dua periode. Kendati pun penghargaan itu punya nilai dan arti, tidak berarti nilai itu dijadikan kebanggaan sebagai simbol sukses luar biasa, apalagi harus diumbar setiap bertemu dengan warganya.
Ilham sama sekali tidak pernah berpikir untuk mengumbar penghargaan kepada warganya di Makassar, utamanya saat melakukan tatap muka langsung. Asumsinya sederhana, bahwa penghargaan itu tidak dirasakan langsung oleh masyarakat. "Apa arti penghargaan kalau masyarakat tidak menikmatinya,". Begitulah ucapan yang terlontar dari Ilham setiap kali ditanya mengenai deretan penghargaan yang telah dicapainya.
Bagi Ilham yang saat ini tampil sebagai penantang di pilgub Sulsel 2013, mengabdi atau melahirkan karya yang bisa dinikmati langsung masyarakat lebih penting dibanding membanggakan penghargaan.
Kalau melihat dari sekian banyak deretan penghargaan yang telah dicapai, Ilham tidak hanya mendapay pengakuan dari lembaga negara seperti kementerian hingga  presiden, juga banyak mendapat menghargaan level internasional.  
  Sebut saja penghargaan dan lencana Adhikarya Satya Bhakti 2011,
Piagam Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama, Agustus 2011 yang diberikan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan ini diberikan kepada Ilham sebagai bentuk keberhasilannya dalam menjalankan roda pemerintahan.
Dia juga mendapat piagam penghargaan  Adiupaya Puritama. Penghargaan ini diberikan kepada Ilham atas jasanya dalam menyediakan rumah tinggal layak huni bagi kalangan masyarakat kecil. Penghargaan ini dianugerahkan dari Kementerian Perumahan Rakyat pada 9 Agustus 2012 lalu.
Dalam hal persoalan korupsi yang ternyata di Sulsel persoalan korupsi merupakan salah satu sorotan masyarakat, karena prilaku korupsi masih tinggi, Ilham juga memiliki penghargaan baik dari lembaga internasional maupun dalam negeri. Penghargaan yang diterima Ilham ini diperoleh dari Canadian International Development Agency (CIDA) dan Komisi Pemberantasan Korupsi, sebagai penanggap Upaya Mencegah Korupsi dalam Pelayanan Publik, pada 7 November 2012 lalu.
Sementara terhadap pelaksanaan otonomi daerah, Ilham mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI, sebagai penyelenggara pemerintah daerah kategori kota dengan kinerja otonomi daerah terbaik. Atas penghargaan ini, Makassar mendapat tambahan anggaran pembangunan sebesar Rp50 miliar.
Dari bidang hukum, Ilham mendapat penghargaan Bung Hatta Award, yang diterima 12 Desember 2011 dari Menteri Hukum dan HAM RI. Bung Hatta Award ini diberikan kepada Ilham atas kepeduliannya terhadap isu Hak Asasi Manusia. (**)




1. Penyelenggara Pemerintah Daerah Kategori Kota dengan Kinerja Otonomi Daerah Terbaik, Mendagri, 25 April 2012
2. Piagam Penghargaan Adiupaya Puritama dari Kementrian Perumahan Rakyat, 9 Agustus 2012
3. Penghargaan Bung Hatta Award  untuk Hak Asasi Manusia, Menteri Hukum dan Ham RI, 12 Desember 2011.
4.Penghargaan Amal Bhakti Bidang Pendidikan dan Keagamaan dari Menteri Agama RI, 3 Januari 2012
5. Penghargaan  Kota Sehat Swasti Saba Wistara dari Menteri Kesehatan RI, berdasarkan indikator Wajib Belajar 9 Tahun, Angka Melek Huruf yang Meningkat, Pendapatan Perkapita Domestik yang meningkat, Angka Kematian Bayi per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Balita per 1000 kelahiran hidup yang menurun, Angka Kematian Ibu Melahirkan per 100.000 kelahiran hidup yang menurun, Adanya RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), Program Dana Sehat dan Jaminan Sosial Nasional bagi Masyarakat Miskin, 12 Nopember 2011
6.Piagam Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI,  14 Agustus 2011
7. Penghargaan  dan lencana Adhikarya Satya Bhakti 2011
8. Penghargaan Piala Citra Abdi Bhakti Negara dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 11 Februari 2010.
9.Tanda Kehormatann  Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI, 23 Maret 2010
10. Conference On Eco2 Cities< Yokohama, Japan, sebagai Narasumber pada Pertemuan Pertemuan Conference On Eco2 Cities< Yokohama, Japan 21 -22 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar