Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Garuda-Na Janjikan Pupuk Murah bagi Petani


MAKASSAR, FAJAR--Sektor pertanian tampaknya bakal menjadi perhatian khusus pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na), ketika terpilih gubernur 22 Januari 2013.
Selain bantuan 23 ribu traktor bagi petani serta pembangunan seribu infrastruktur irigasi, pasangan ini juga menjanjikan ketersediaan pupuk murah. Selama ini, para petani di daerah masih sering mengeluhkan harga pupuk yang sulit dijangkau petani termasuk kadang langka.
Program ketersediaan pupuk murah ini disampaikan Garuda-Na saat melakukan silaturahmi dengan para petani palawija di Desa Pana, Kecamatan Alla, Enrekang, Minggu, 25 November.
Petani di daerah ini berharap Garuda-Na bisa memberikan prioritas ketersediaan pupuk murah, terjangkau, dan mudah diperoleh ketika terpilih jadi gubernur mendatang. "Persoalan pupuk malah, langka atau sulit diperoleh petani saat dibutuhkan akan jadi prioritas kita ke depan.  Program Garuda-Na memberikan subsidi pupuk yang dibutuhkan para petani," kata cawagub urut 3, Nawir.
Kepada Rudi-Nawir, petani palawija di desa ini mengeluhkan susanya memasarkan hasil pertanian mereka (kentang, tomat, bawang dan sayur-sayuran lainya) saat musim panen tiba. Padahal, saat musim panen tiba, produksi palawija di daerah ini melimpah. Terkadang, produksi palawija petani di daerah ini membusuk karena akses pasar yang terbatas sementara produksi melimpah.
Untuk akses pasar, bupati Sinjai dua periode mengatakan, salah satu langkah yang akan dilakukan Garuda-Na adalah mewajibkan swalayan dan toserba untuk memasarkan hasil pertanian lokal. Juga, akan mengupayakan adanya investor untuk pengolahan hasil produksi palawija petani.
Sehari sebelumnya (Sabtu malam), Garuda-Na melakukan silaturahmi dengan Ketua DPD PAN Enrekang, Muslimin Bando di Sudu. Selain dengan cabup Enrekang ini, Rudi-Nawir juga melakukan pertemuan dengan sejumlah kader PAN di daerah ini.
Sekadar diketahui, PAN pada pilgub Sulsel 2013 mendatang mengusung cagub petahana, Syahrul-Agus, namun dukungan PAN tersebut tidak memaksakan kadernya untuk memilih pasangan ini. Deklarator PAN, Amien Rais bahkan menyerukan kadernya di Sulsel mendukung Ilham-Aziz. (hamsah umar)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar