Powered By Blogger

Rabu, 07 November 2012

Golkar Survei 29 Cawali Makassar


MAKASSAR, FAJAR--Siapa calon wali kota (cawali) Makassar yang akan disurvei Golkar, jawabannya cukup banyak. Informasi yang diperoleh FAJAR, setidaknya ada 29 tokoh yang masuk daftar cawali yang akan disurvei partai berlambang pohon rimbun ini.
Dari daftar tokoh yang masuk target cawali yang akan di survei Golkar ini, ternyata mayoritas berasal dari eksternal Golkar. Ada yang berasal dari partai politik, anggota DPD RI, birokrat, atau pun gabungan politisi-pengusaha. Golkar juga coba memasukkan sejumlah tokoh Tionghoa Sulsel baik yang saat ini berstatus sebagai kader Golkar maupun di luar partai.
Dari Partai Golkar, tercatat setidaknya ada 10 tokoh yang masuk daftar cawali yang akan disurvei. Mereka adalah Ketua DPD Golkar Makassar sekaligus wakil wali kota Makassar, Supomo Guntur. Kemudian ada Rusdin Abdullah (Rudal), AM Yagkin Padjalangi, Petet Gozal, Farouk M Betta, A Kadir Halid, Yusuf Gunco, Raymond Arfandi, Haris Yasin Limpo, dan Zulkarnain Arief.
Sedang dari luar kader Golkar yang berasal dari birokrat ada nama istri mantan gubernur Sulsel, Apiaty Kamaluddin, M Anis Sakaria Kama, Syaiful Saleh, Andi Hery Iskandar, dan Andi Herfida Attas. Adapun tokoh politik diluar Golkar seperti Adnan Purichta Ichsan (Demokrat), AM Adil Patu (PDK), Busrah Abdullah (PAN), termasuk Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi. Selanjutnya lihat grafis.
Informasi yang diperoleh, inventarisasi daftar nama cawali yang akan disurvei Golkar pada pilwalkot Makassar 2013 mendatang ini, sudah diputuskan DPD Golkar Sulsel sejak Oktober lalu. Namun kapan survei ini akan dilakukan, belum ada informasi jelas kapan survei tersebut digelar. Pastinya, 29 tokoh yang masuk daftar itu akan disurvei secara keseluruhan untuk melihat sejauh mana popularitas dan elektabilitasnya.
Wakil Ketua Bidang Perencanaan Lembaga Pemenangan Pemilu DPD Golkar Sulsel, La Kama Wiyaka yang dikonfirmasi tidak menampik bahwa partai Golkar sudah ada nama figur yang akan disurvei Golkar Makassar. "Memang sudah ada. Hampir semua lah tokoh yang ramai di media kita masukkan dalam daftar yang akan kita survei. Siapa-siapa orangnya dan kapan survei dilakukan, kami tidak bisa sampaikan itu," kata La Kama.
Dia menyebut, melalui survei yang akan dilakukan Golkar itu, partai pemenang pemilu di Makassar ini berharap bisa menjaring calon yang tepat untuk diusung partai pada pilwalkot mendatang. "Kan bisa jadi mereka populer di masyarakat, tapi tidak ada yang mau pilih dia jadi wali kota. Makanya, kita survei saja sebanyak-banyaknya," jelas La Kama. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar