Powered By Blogger

Minggu, 16 Desember 2012

Garuda-Na Garap Ammatoa


MAKASSAR, FAJAR--Komunitas adat Ammatoa di Kajang, Bulukumba tidak pernah luput dari perhatian kandidat di setiap even politik. Jumat, 14 Desember, giliran pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na) yang bersilaturahmi dengan warga adat Ammatoa.
Di Kajang, Garuda-Na mengunjung dua desa Yakni Ammatoa dan Desa Tambangan. Selanjutnya, pasangan ini bersilaturahmi dengan masyarakat Herlang di Tanuntung.
Di Desa Ammatoa, rombongan Garuda-Na diterima secara adat oleh warga setempat ditandai dengan pemakaian sarung hitam, passapu, dan angngaru oleh tokoh adat. Rudi-Nawir disambut tokoh adat Ammatoa atau oleh warga setempat dikenal dengan sebutan Amma.
Tidak kurang 500 orang yang berkerumuman menunggu kedatangan pasangan cagub urut 3 ini. Kepada tokoh adat Ammatoa dan warga Kajang pada umumnya, pasangan ini berjanji akan memperhatikan kepentingan adat Ammatoa termasuk membangun rumah adat Ammatoa di daerah ini.
Garuda-Na juga menyampaikan komitmennya untuk mempertahankan nilai-nilai adat dan kebudayaan lokal yang selama ini masih terpelihara dengan baik di Kajang. Rudi bahkan mengajak seluruh warga Kajang untuk tetap melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang berlaku di Ammatoa sebagai salah satu kekayaan budaya di daerah ini. "Mari kita sama-sama melestarikan nilai-nilai adat dan budaya di Ammatoa sebagai kekayaan kita," kata Rudi.
Sekretaris Sekretaris DPC Gerindra Bulukumba, Syahruni Haris menyatakan, pembangunan rumah adat di Kajang akan diupayakan Garuda-Na jika dipercaya memimpin Sulsel 2013-2018 mendatang. "Jadi itu salah satu komitmen Garuda-Na kepada masyarakat Ammatoa dan Kajang pada umumnya kalau dia terpilih nanti," papar mantan Ketua KPU Bulukumba ini. (hamsah umar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar